Penulis Utama : Linda Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9413031
Tahun : 2017
Judul : Peran Trainee Dalam Memberikan Pelayanan Food And Beverage Service Di Pnb Perdana Hotel & Suites On The Park
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, C9413031-2017
Subyek : TRAINEE, PERAN, PELAYANAN, FOOD AND BEVERAGE SERVICE
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Seiring perkembangan teknologi, industri pariwisata tidak dapat mengabaikan pengaruh globalisasi. Sumber daya manusia yang ada juga tidak hanya berorientasi ke dalam negeri, termasuk para mahasiswa magang atau trainee. Terbukti dari adanya beberapa hotel di Malaysia bersedia memberikan kesempatan pada trainee Indonesia untuk magang disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur dan kriteria dalam merekrut trainee , kemudian untuk mengetahui peran trainee beserta pelayanan yang diberikan di PNB Perdana Hotel & Suites On The Park khususnya pada Food and Beverage Service Department, serta beberapa kendala yang dialami trainee selama melaksanakan magang.
Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan praktik kerja yang dilakukan langsung di restoran hotel. Metode wawancara kepada Demi Chef dan Supervisor food and beverage service untuk memperoleh data, metode studi pustaka untuk mendapatkan data dari buku di perpustakaan, brosur, dan arsip hotel. Serta metode kuisioner dengan memberikan guest comment kepada tamu di 10 Binjai Restaurant.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai alur dan kriteria perekrutan trainee oleh pihak hotel dan fasilitas yang didapat. Menjelaskan peran trainee selama praktik kerja, tahap materi yang didapat, kelebihan dan kekurangan menggunakan trainee Indonesia, dan tingkat kepuasan menggunakan trainee. Selain itu penelitian ini juga membahas mengenai kendala yang dialami trainee selama magang.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu alur dan kriteria trainee yang direkrut oleh HRD sudah ada prosedur baik dari hotel maupun pihak UNTAG. Sebanyak 21 trainee yang diterima dari 3 Universitas, dua universitas yang bekerjasama yaitu UNS dan Telkom University. Fasilitas yang diterima antara lain hostel,gaji, uang makan, dan uang transport. Peran trainee khususnya pada food and beverage service sangat besar untuk membantu staf yang jumlahnya minim. Trainee Malaysia maupun Indonesia harus mempunyai pengetahuan dan skill yang bagus. Beberapa kendala yang dialami trainee saat magang antara lain perbedaan bahasa dan selera masakan, lamanya waktu magang dan terbatasnya jam operasional moda transportasi.
Kata kunci : trainee, peran, pelayanan, food and beverage service

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LINDA K..pdf
COVER.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Winarno,S.E, M.H
2. Umi Yuliati, S.S, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya