Penulis Utama : Penta Junjunan Bhirawa Andalas
NIM / NIP : D0312060
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses interaksi social berbentuk kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi antara warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI yang tinggal di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi mempengaruhi proses interaksi sosial warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI setelah terjadinya peristiwa pemberontakan PKI.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Solidaritas Emile Durkheim, dimana dalam teori tersebut solidaritas dibagi menjadi dua yaitu solidaritas organik dan solidaritas mekanik.
Penelitian ini merupakan studi kasus dengan sajian deskriptif kualitatif. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi terhadap warga Desa Bancangan yang bukan keturunan eks anggota PKI dan keluarga keturunan eks anggota PKI yang tinggal di Desa Bancangan. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive dimana 4 warga desa yang bukan keluarga keturunan eks anggota PKI dan 4 warga desa yang merupakan keluarga keturunan eks anggota PKI. Untuk validitas data digunakan triangulasi sumber terhadap Lurah Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 8 informan yang terbagi menjadi 4 warga desa yang bukan keluarga keturunan eks anggota PKI dan 4 warga desa yang merupakan keluarga keturunan eks anggota PKI memiliki interkasi sosial yang baik. Interaksi sosial yang terjadi diantara warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI adalah interkasi yang terstrukstur, dimana interaksi sosial terstruktur merupakan interaksi yang terjadi dikarenakan adanya sebuah aturan yang telah ada dan dilakukan oleh semua warga dan dikoordinir oleh kepala desa atau tokoh masyarakat setempat, misalnya seperti kerja bakti, pengajian, menjenguk warga apabila ada yang terkena musibah. Hubungan kerjasama, bentuk akomodasi, asimilasi, akulturasi, tidak persaingan, kontravensi, dan konflik. Faktor yang mempengaruhi interkasi sosial antara warga dengan keluarga keturunan eks anggota PKI adalah faktor sugesti dan faktor simpatik
Kata kunci: Interaksi Sosial, Solidaritas, Eks Anggota PKI, Desa Bancangan

 

×
Penulis Utama : Penta Junjunan Bhirawa Andalas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312060
Tahun : 2017
Judul : Interaksi Sosial Warga Dengan Keluarga Keturunan Eks Anggota PKI Madiun (Studi Kasus Di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS, F. ISIP, Jurusan Sosiologi, D0312060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RB Soemanto, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.