Penulis Utama : Risni Wulandari
NIM / NIP : C9414046
×

ABSTRAK

Hotel merupakan suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang – orang yang melakukan perjalanan Untuk dapat menimbulkan kepercayaan tamu hotel terhadap kebersihan dan kualitas (produk hotel) yang diolah oleh karyawan dapur khususnya. Jika hygiene dan sanitasi ini dapat diterapkan akan memberikan keuntungan bagi karyawan dan tamu hotel yang menikmati makanan dari hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar penerapan hygiene dan sanitasi untuk meningkatkan kualitas kebersihan pada kitchen di Loji Hotel, serta untuk mengetahui prosedur penyimpanan bahan baku makanan dan produk di Kitchen Loji.
Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi yang dilakukan secara langsung di kitchen Loji hotel. Wawancara kepada Chef De Partie dan Food and Baverage Supervisor untuk memperoleh data. Serta studi pustaka untuk mendapatkan data dari brosur dan perpustakaan. Data diolah menggunakan analisa deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menggambarkan, menjelaskan dan membandingkan prosedur penerapan standar hygiene dan sanitasi untuk menjaga kebersihan dapur dan standar personal hygiene. Mengetahui tentang prosedur penyimpanan bahan baku makanan dan produk pada kitchen Loji Hotel. Selain itu penelitian ini juga disertai dengan solusi terhadap kendala dalam penerapan hygiene dan sanitasi pada kitchen Loji Hotel.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Standar hygiene dan sanitasi dapur yang menjadi tugas mutlak para juru masak sudah dilaksanakan dengan baik. Prosedur penyimpanan bahan baku makanan dan produk sangat diperhatikan oleh staff kitchen. Beberapa kendala pada penerapan hygiene dan sanitasi adalah saluran limbah yang sering mampet karena jarang dibersihkan. Cara mengatasi masalah dalam penerapan hygiene dan sanitasi adalah dengan adanya general cleanning yang dilakukan setiap bulan untuk menjaga kebersihan dapur di Loji Hotel..
Kata kunci : penerapan, hygiene, kualitas kebersihan, kitchen

 

×
Penulis Utama : Risni Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414046
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Hygiene Dan Sanitasi Untuk Meningkatkan Kualitas Kebersihan Kitchen Di Loji Hotel Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, C9414046 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sunyoto, S.E., M.Par.
2. Wahyuningsih, S.E.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.