Penulis Utama : Sri R 2017
NIM / NIP : S841508028
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan pandangan dunia pengarang dalam novel Gadis-Gadis Amangkurat; (2) menjelaskan struktur teks novel Gadis-Gadis Amangkurat karya RH. Widada; (3) memaparkan struktur sosial novel Gadis-Gadis Amangkurat karya RH.Widada, (4) menjelaskan pendidikan karakter peduli sosial yang terdapat dalam novel Gadis-Gadis Amangkurat sebagai bahan ajar sastra di perguruan tinggi; (5) memaparkan representasi sosok perempuan Jawa dalam novel Gadis Gadis Amangkurat dengan pembelajaran pengkajian fiksi di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif.
Strategi penelitian yang digunakan adalah analisis isi  (content analysis) dengan pendekatan strukturalisme genetik. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat dan paragraf yang terdapat dalam novel Gadis-Gadis Amangkurat karya RH Widada. Selain itu, data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara terhadap pengarang, dosen, akademisi, dan para penikmat sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak dan catat, dan wawancara. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi teori, metode dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis model interaktif.
 Hasil penelitian ini terdiri atas: (1) Pandangan dunia RH Widada tercermin dari kelompok sosial kaum cendekiawan yaitu humanisme sosial; (2) struktur teks novel GGA lebih menekankan pada tokoh hero sebagai media penyampaian pandangan dunia pengarang; (3) struktur sosial GGA terbagi atas: representasi sosok perempuan Jawa berdasarkan pandangan penguasa, masyarakat Mataram dan kitab Jawa; (4) nilai pendidikan karakter peduli sosial yang dicerminkan melalui tokoh-tokoh dalam GGA; (5) relevansi GGA dalam mata kuliah pengkajian fiksi.

 

×
Penulis Utama : Sri R 2017
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508028
Tahun : 2017
Judul : Representasi Sosok Perempuan Jawa Dalam Novel Gadis-Gadis Amangkurat Karya Rh. Widada: Pendidikan Karakter Peduli Sosial Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Perguruan Tinggi (Tinjauan Strukturalisme Genetik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum.
2. Prof. Sahid Teguh Widodo, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.