Penulis Utama : Aryanti Muhtar Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421508003
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kemandirian Keuangan Daerah pada Era Otonomi Se-Eks Karesidenan Pati Tahun Anggaran 2005-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan-S421508003-2017
Subyek : KEMANDIRIAN FISKAL DAERAH, PDRB PERKAPITA, SEKTOR EKONOMI DOMINAN, PDRB, JUMLAH PENDUDUK, PAD, DATA PANEL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan pertama untuk menganalisis tingkat ketergantungan fiskal antara pemerintah daerah Eks-Karesidenan Pati dengan pemerintah pusat dilihat dari derajat desentralisasi fiskal dearah. Kedua menganalisis pengaruh PDRB Perkapita, perubahan sektor ekonomi dominan dalam PDRB (Pertanian, Perdagangan, dan Pengolahan) terhadap derajat kemandirian  fiskal  daerah.  Ketiga  untuk  menganalisis  pengaruh  PDRB  dan Jumlah Penduduk terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang merupakan salah satu tolok ukur untuk mengetahui tingkat kemandirian fiskal daerah.
Penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunanakan analisis diskriptif untuk mengetahui seberapa besar tingkat  ketergantungan  fiskal  pemerintah  daerah  terhadap  pemerintah  pusat dengan ukuran derajat desentralisasi fiskal daerah dan analisis panel data  untuk mengetahui  pengaruh  PDRB  Perkapita,  perubahan  sektor  ekonomi  dominan dalam PDRB (Pertanian, Perdagangan, dan Pengolahan) terhadap derajat kemandirian fiskal daerah serta menganalisis pengaruh PDRB dan Jumlah Penduduk terhadap Pendapatan Asli Daerah yang merupakan salah satu tolok ukur untuk mengetahui tingkat kemandirian fiskal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kemampuan keuangan daerah Eks-Karesidenan Pati tergolong kurang. Model 1 didapatkan hasil bahwa PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap Derajat Kemandirian   Fiskal   (DKF),   perubahan   pertahun   sektor   pertanian   tidak berpengaruh terhadap  Derajat  Kemandirian Fiskal (DKF), perubahan pertahun sektor pengolahan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Derajat Kemandirian Fiskal (DKF), dan perubahan pertahun sektor perdagangan tidak berpengaruh terhadap Derajat Kemandirian Fiskal (DKF). Model 2 didapatkan hasil bahwa PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD dan Jumlah Penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kata Kunci : kemandirian fiskal daerah, PDRB Perkapita, sektor ekonomi dominan, PDRB, jumlah penduduk, PAD, data panel

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto S.E M.Si.
2. Dr. Mulyanto M.E.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana