Penulis Utama : Linda Fitri Andriyani
NIM / NIP : K2513040
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki (1) Pengaruh pemanasan bahan bakar pertalite di dalam pipa bersirip radial melalui upper tank radiator; (2) Pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar pertalite; dan (3) pengaruh pemanasan bahan bakar pertalite di dalam upper tank radiator dan variasi penambahan etanol pada bahan bakar pertalite terhadap konsumsi bahan bakar pada mobil Injeksi Suzuki APV.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel diambil secara purposive sampling, sampel yang digunakan adalah mobil Injeksi Suzuki APV type GL dari populasi mobil Injeksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Variasi pipa yang digunakan yaitu tanpa pipa, tanpa sirip, pipa sirip radial jarak 30 mm, 20 mm, 10 mm. Variasi penambahan etanol yang digunakan yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pemanasan bahan bakar pertalite di dalam pipa bersirip radial melalui upper tank radiator pada mobil injeksi Suzuki APV meningkatkan konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar terendah pada perlakuan tanpa pemanasan, dan tertinggi pada pemanasan pipa bersirip jarak 10 mm. (2) Penambahan etanol pada bahan bakar pertalite dengan kadar 0% sampai dengan 20% menyebabkan konsumsi bahan bakar menurun. Konsumsi bahan bakar akan meningkat kembali pada penambahan etanol dengan kadar 25% dan 30%. Konsumsi bahan bakar terendah diperoleh pada campuran bahan bakar dengan kadar etanol 20% yaitu sebanyak 51,667 ml/menit. (3) Pemanasan bahan bakar pertalite di dalam pipa bersirip radial melalui upper tank radiator pada mobil injeksi Suzuki APV meningkatkan konsumsi bahan bakar. Penambahan etanol pada bahan bakar pertalite dengan kadar 0% sampai dengan 20% menyebabkan konsumsi bahan bakar menurun, meningkat kembali pada penambahan etanol dengan kadar 25% dan 30%.  Konsumsi bahan bakar terendah diperoleh pada penerapan radiator standar tanpa pemanasan dengan campuran etanol 20% sebesar 51,67 ml/menit, mengalami penurunan konsumsi bahan bakar 10 ml atau 16,21?ri kondisi standar dan suhu bahan bakar sebesar 35,67°C.
Kata kunci: pemanasan bahan bakar, pipa bersirip radial, etanol, mesin injeksi, konsumsi bahan bakar

 

×
Penulis Utama : Linda Fitri Andriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513040
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Di Dalam Pipa Bersirip Radial Melalui Upper Tank Radiator Dan Penambahan Etanol Pada Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mobil Suzuki APV
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, K2513040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, ST., M.Eng.,
2. Drs. Ranto, MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.