Penulis Utama : Muhsin
NIM / NIP : K2513045
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menyelidiki pengaruh penambahan etanol terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang, (2) Menyelidiki pengaruh pemanasan bahan bakar pertalite melalui pipa bersirip longitudinal di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang, (3) Menyelidiki pengaruh penambahan etanol dan pemanasan bahan bakar pertalite melalui pipa bersirip longitudinal di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis data deskriptif. Sampel penelitian yang digunakan adalah mesin Toyota Kijang 4 silinder seri 4K. Data diperoleh dari banyaknya konsumsi bahan bakar tiap siklus dengan variasi persentase campuran pertalite dan etanol  0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% menggunakan metode tanpa pemanasan bahan bakar dan menggunakan pemanasan bahan bakar pada pipa bersirip longitudinal di dalam upper tank radiator. Data diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis.
Hasil Penelitian ini adalah : (1) Penambahan etanol pada bahan bakar pertalite dapat menurunkan konsumsi bahan bakar mobil Toyota Kijang. Variasi penambahan etanol tanpa pemanasan bahan bakar jumlah konsumsi bahan bakar terendah yaitu saat penambahan kadar etanol 15% sebesar 150 ml/km atau terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 25,56 % dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar standar. (2) Penggunaan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip longitudinal di dalam upper tank radiator menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang. Konsumsi bahan bakar terendah pada saat pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip longitudinal 3 sirip sebesar 145,45 ml/km atau terjadi penurunan konsumsi bahan bakar  sebesar 27,81% dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar standar (3) Penambahan etanol pada bahan bakar dan pemanasan bahan bakar menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang. Konsumsi bahan bakar terendah pada kadar etanol 15% dengan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip longitudinal 3 sirip sebesar 103,03 ml/km atau terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 48,87% dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar standar. (4) Konsumsi bahan bakar pertalite dengan perlakuan penambahan etanol dan pemanasan bahan bakar lebih hemat bila dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar pertamax. Selisih konsumsinya sebesar 31,82 ml/km atau sebesar 23,60%.
Kata Kunci : Etanol, Pemanasan Bahan Bakar, Konsumsi Bahan Bakar, Pipa Bersirip Longitudinal, Upper tank Radiator.

 

×
Penulis Utama : Muhsin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513045
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penambahan Etanol Pada Bahan Bakar Dan Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Longitudinal Di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Toyota Kijang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, K2513045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.