Penulis Utama : Riski Ayu Arnila
NIM / NIP : S991502016
×

Tujuan    penelitian    ini    adalah    untuk    mengetahui    apakah    dengan
menggunakan model experiential learning berbasis kreativitas melalui koperasi sekolah pada mata pelajaran prakarya dan kewirasuahaan dapat meningkatkan skills berwirausaha siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APH 3 di SMK Negeri 4 Surakarta sebanyak
31 orang, dan kelas X APH 2 di SMK Negeri 7 Surakarta sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode  observasi,  wawancara,  dokumentasi  dan  angket.  Teknik  analisis  data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif, metode kombinasi yang digunakan adalah tipe convergen parallel mixed methods yaitu peneliti dalam waktu yang sama mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif, menganalisis   data   secara   terpisah,   dan   membandingkan   hasilnya   untuk mengetahui apakah temuan tersebut saling melengkapi atau tidak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model experiential learning berbasis kreativitas melalui media koperasi sekolah pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat meningkatkan skills berwirasuaha siswa kelas X program Akomodasi perhotelan di SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 7 Surakarta. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata skills berwirausaha siswa baik di SMK Negeri 4 Surakarta maupun di SMK Negeri 7 Surakarta yakni nilai rata- rata skills berwirausaha siswa di SMK Negeri 4 Surakarta dari 66,645 sebelum memperoleh tindakan menjadi 80,111 setelah menerima tindakan pada siklus 1 dan kembali meningkat menjadi 82,101 setelah menerima tindakan pada siklus 2. Pada siklus 1 80,65% nilai skills berwirausaha siswa berada di atas KKM dan pada siklus 2 sejumlah 90,32% siswa berhasil mencapai nilai di atas KKM. Sementara itu nilai rata-rata skills berwirausaha siswa di SMK Negeri 7 Surakarta adalah sebesar 63,016 sebelum menerima tindakan menjadi 80,018 setelah menerima tindakan pada siklus 1 dan kembali meningkat menjadi 81,232 setelah menerima tindakan siklus 2. Pada siklus 1 sebesar 87,5% siswa berhasil mencapai nilai di atas KKM dan pada siklus 2 sejumlah 90,63% siswa berhasil mencapai nilai  di  atas  KKM.  Peningkatan  skills  berwirausaha  siswa  juga  ditunjukkan dengan berbagai perubahan dalam tingkah laku dan kemampuan yang dimiliki siswa dari berbagai aspek diantaranya adalah dari aspek conceptual skill, leadership skill, management skill, technical skill, social skill, selling skill, dan creative.

 

×
Penulis Utama : Riski Ayu Arnila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991502016
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Experiential Learning berbasis Kreativitas melalui Media Koperasi Sekolah pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Skills Berwirausaha Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991502010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.