Penulis Utama : Fajar Alam Sukma Raharja
NIM / NIP : S501202019
×

Abstrak

Tujuan : Mengkaji gangguan reseptivitas endometrium pasien endometriosis yang berhubungan dengan  penurunan reseptivitas endometrium pada fase sekresi. Implantasi embryo memerlukan proses yang harmonis yaitu pada proses blastokist-endometrial dialog dimana Leptin dan TGF- Beta 1 yang ada di endometrium sangat mempengaruhi keberhasilan implantasi.

Metode :  Penelitian ini  dilakukan  dengan  metode case-control  (retrospektif)  dengan Variable terikat adalah endometriosis, dan reseptivitas endometrium yang diukur pada saat diagnosis endometriosis  ditegakan  berdasarkan  pemeriksaan  klinik  dan  laparaskopik.  Kelompok  kontrol adalah pasien normal. Variabel bebas adalah ekspresi Leptin dan TGF Beta 1. Sampel penelitian adalah pasien endometriosis yang menjalani laparaskopi dan pasien normal dengan masing-masing sampel sejumlah 30 pasien.

Hasil : Penelitian ini memperlihatkan adanya perbedaan bermakna ekspresi Leptin dan TGF-B 1 pada pasien endometriosis yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan nilai OR=30.333; CI 95%=10.686-49.981; p<0 OR=25.333; >t a t k a l a  d i l a k u k a n  a n a l i s i s  b i v a r i a t  d a n  m u l t i v a r i a t  d e n g a n  m e n g g u n a k a n v a r i a b l e  l u a r  ,  L e p t i n  m a s i h  t e t a p  m e n u n j u k k a n  h u b u n g a n  y a n g b e r m a k n a . Peran   Leptin    sebagai   biomarker   dalam   implantasi   terlihat   pada   sekresi dimana ekspresi Leptin meningkat pada saat window of implantation yang berakibat gangguan pada proses implantasi embrio ke dinding endometrium.

Kesimpulan : Peningkatan ekpresi Leptin dan TGF-Beta 1 pada penderita endometriosis dibandingkan dengan kelompok normal, dan secara statistik bermakna. Ekspresi Leptin dan TGF- Beta 1 yang tinggi pada penderita endometriosis ini menyebabkan terganggunya reseptivitas endometrium yang akan menurunkan angka keberhasilan implantasi embrio.

Kata Kunci : Leptin, Reseptivitas Endometrium, Endometriosis

×
Penulis Utama : Fajar Alam Sukma Raharja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501202019
Tahun : 2017
Judul : Gambaran Reseptivitas Endometrium pada Penderita Endometriosis ( Studi Perbedaan Ekspresi Leptin dan Tgf-Beta 1 pada Penderita Endometriosis Dan Normal )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Biomedik-S501202019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.Tedjo Danujo U,dr, SpOG(K).
2. Dr. Uki Retno, dr., SpOG(K).
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.