Penulis Utama : Dewi Sandianita
NIM / NIP : K3310021
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada tidaknya hubungan antara (1) kemampuan berpikir analisis dengan prestasi belajar, (2) kreativitas dengan prestasi belajar, (3) kemampuan berpikir analisis dan kreativitas dengan prestasi belajar pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit kelas XSMA Negeri Kebak Kramat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri Kebak Kramat tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil 2 kelas dari 4 kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linear.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Tidakterdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir analisis dengan prestasi belajar pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi (p) 0,073 dan koefisien korelasi Pearson 0,213 (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi (p) 0,000 dan koefisien korelasi Pearson 0,681. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir analisis dan kreativitasdengan prestasi belajar pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dari uji F diperoleh nilai signifikansi (p) 0,000 dan koefisien korelasi ganda 0,708, R2 sebesar 0,300.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Analisis,Kreativitas, Prestasi Belajar

×
Penulis Utama : Dewi Sandianita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3310021
Tahun : 2017
Judul : Kontribusi Kemampuan Berpikir Analisis dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Kelas X SMA Negeri Kebak Kramat Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3310021-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. paed. Nurma Yunita M.Si., M.Sc.
2. Dra. Bakti Mulyani M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.