Penulis Utama : Kristina Riawati
NIM / NIP : S841208024
×

Ketidakmampuan siswa dalam menulis ilmiah diduga karena pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat, dan kemampuan bernalar siswa yang masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan antara keterampilan menulis ilmiah siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional; (2) ada tidaknya perbedaan antara keterampilan menulis ilmiah siswa yang memiliki kemampuan bernalar tinggi dan yang memiliki kemampuan bernalar rendah; dan (3) ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan bernalar siswa dalam mempengaruhi keterampilan menulis ilmiah siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri Kabupaten Sragen, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas XI sebanyak 80 siswa, yang dirinci 40 siswa untuk kelas eksperimen dari SMK Negeri 1 Gondang, dan  40 siswa yang lain untuk kelas pembanding dari SMK Negeri 1 Sambirejo. Sampel diambil dengan teknik multistage cluster random sampling dan instrumen yang digunakan yaitu dengan lembar tes keterampilan menulis ilmiah dan lembar tes kemampuan bernalar.Validitas tes keterampilan menulis ilmiah adalah dengan validitas konstruk sedangkan validitas tes kemampuan bernalar dengan menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial. Untuk mengukur tingkat reliabilitas butir tes keterampilan menulis ilmiah rumus yang digunakan statistik reliabilitas ratings sedangkan kemampuan bernalar menggunakan rumus KR-20.Teknik pengumpulan data digunakan tes produk untuk keterampilan menulis ilmiah; dan tes tertulis pilihan ganda untuk kemampuan bernalar. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalur .
Hasil penelitian : (1) Keterampilan menulis ilmiah siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang diajar dengan mengunakan pendekatan konvensional. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh  sebesar 17,92 > Ft sebesar 3,97 pada taraf ? = 0,05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut  76; (2) Keterampilan menulis ilmiah siswa yang memiliki kemampuan bernalar tinggi lebih baik daripada yang memiliki kemampuan bernalar rendah. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh  sebesar 144,84> Ft sebesar 3,97 pada taraf ?  = 0,05 dengan dk pembilang 1 dan  dk penyebut  76; dan (3) ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan bernalar dalam mempengaruhi keterampilan menulis ilmiah siswa. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh  sebesar 21,99 > Ft sebesar 3,97 pada taraf  ? = 0,05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut  76

 

×
Penulis Utama : Kristina Riawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841208024
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Ditinjau Dari Kemampuan Bernalar (Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841208024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St.Y. Slamet, M.Pd.
2. Dr. Muh Rohmadi, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.