Penulis Utama : Pramoda Wardana
NIM / NIP : A121508044
×

Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan Pengaruh pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap peningkatan hasil free throw bola basket. (2) Perbedaan Pengaruh peningkatan hasil free throw bolabasket antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatan hasil free throw bolabasket.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan POK UTP Surakarta selama 8 minggu dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa putra semester 5 Jurusan Pendidikan Olahraga Kepelatihan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang telah mengikuti mata kuliah tes dan praktek bolabasket 1. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling, sampel yang diambil sebanyak 40 mahasiswa, terdiri dari 20 mahasiswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan tinggi, 20 mahasiswa yang memiliki
tingkat  koordinasi  mata  tangan  rendah.  Teknik  analisis  dengan  menggunakan
ANAVA.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran direct dan pendekatan pembelajaran indirect terhadap hasil free throw, p-value= 0,045 lebih kecil dari 0,05. (2) ada perbedaan pengaruh peningkatan hasil free throw antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah, p-value= 0,035 lebih kecil dari 0,05. (3) ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan hasil free throw, p-value= 0,012 lebih kecil dari 0,05.
kesimpulan sebagai berikut (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap peningkatan hasil free throw. (2) ada  perbedaan  pengaruh  yang  signifikan  peningkatan  hasil  free  throw  antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan mata tangan rendah. (3) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan hasil free throw bola basket.

Kata Kunci : free throw bola basket, koordinasi mata tangan, direct dan indirect, Penelitian eksperimen.

×
Penulis Utama : Pramoda Wardana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508044
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Koordinasi Mata - Tangan terhadap Peningkatan Hasil Free Throw Pada Permainan Bola Basket (Studi Eksperimen Metode Pembelajaran Direct dan Indirect pada Mahasiswa Putra Semester 5, PKO FKIP Universitas Tunas Pembangunan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121508044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H.M. Furqon Hidayatullah, M.Pd.
2. Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or., AIFO.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.