Penulis Utama : Yudo Tri Atmojo
NIM / NIP : A121508070
×

Abstrak

Permainan Futsal dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 5 pemain dalam setiap tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan evaluasi tentang pelaksanaan program latihan futsal di ukm Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan program latihan futsal yang selama ini dilakukan pelatih untuk para atlet ukm Teknik Universitas Diponegoro Semarang.
Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Informan meliputi pelatih dan atlet futsal ukm Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Berdasarkan hasil pengumpulan data bahwa pelaksanaan program latihan belum sepenuhnya sesuai dengan prosedur dimana atlet ukm Teknik Universitas Diponegoro Semarang setiap kali latihan hanya melakukan permainan futsal seperti biasa dan tanpa adanya koreksi dari pelatih, sarana prasarana yang digunakan juga belum maksimal, peningkatan kemampuan masing-masing individu belum dilakukan pelatih secara maksimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program latihan futsal yang dilakukan oleh atlet ukm Teknik Universitas Diponegoro Semarang berjalan dengan baik dan hasilnya maksimal. Koordinasi pelatih terhadap atlet dapat membuahkan hasil bahwa adanya koreksi dan evaluasi kekurangan dari masing-masing individu yang dapat mempengaruhi performa dan kemampuan atlet itu sendiri bisa dikatakan bahwa nantinya prestasi tiap individu dapat meningkat secara signifikan dengan adanya koordinasi yang dilakukan pelatih terhadap atlet.
Hasil data yang diperoleh berdasarkan data temuan dan fakta secara nyata di lapangan bahwa program latihan yang dilaksanakan oleh pelatih ternyata efektif melaksanakan program Latihan futsal tersebut. Kesimpulannya tulisan ini atlet mengalami peningkatan prestasi dengan melaksanakan program latihan futsal yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tiap atlet serta  prinsip penekanan beban latihan secara bertahap.

Kata Kunci : Pelaksanaan program Latihan, Futsal, UKM Teknik Universitas DiponegoroSemarang

×
Penulis Utama : Yudo Tri Atmojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508070
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Program Latihan Futsal pada UKM Teknik Universitas Diponegoro Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121508070-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.