Penulis Utama : Nica Betari Nirwana
NIM / NIP : S891508029
×

Abstrak

Membaca adalah keterampilan utama yang diajarkan disekolah. Untuk menguasainya, para guru memberikan berbagai macam teks-teks bacaan. Untuk memahami teks-teks bacaan tersebut dengan mudah, teks-teks bacaan membutuhkan koherensi dan kohesi yang bagus. Salah satu unsur koheren dan kohesi bisa dilihat pada perkembangan tematiknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis perkembangan thematik yang ditemukan dalam teks-teks bacaan pada “Pathway to English” Kelas X Program Wajib Kurikulum 2013 oleh Erlangga dan hubungannya dengan genre, untuk mengeksplorasi bagaimana jenis-jenis perkembangan tematik bekerja dalam mengembangkan teks-teks bacaan, untuk menginvestigasi implikasi pedagogis pada jenis-jenis perkembangan tematik dalam membaca, untuk mengungkapkan manfaat dan ketidakbermanfaatan pengajaran membaca mengggunakan perkembangan tematik.

Analisa isi digunakan sebagai desain penelitian. Data penelitiannya adalah klausa-klausa yang memuat perkembangan tematik pada “Pathwat to English” Kelas  X  Program  Wajib  Kurikulum  2013  oleh  Erlangga  sementara  sumber datanya adalah teks-teks bacaan. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan dokumentasi. Ada sepuluh bab dalam “Pathway to English” Kelas X Program Wajib Kurikulum 2013 oleh Erlangga dan dipilih secara acak berdasarkan babnya. Dalam menganalisa teks-teks tersebut, model Eggins (1994) dipakai. Ada 4 tahapan. Pertama, tentukan struktur tematik klausanya. Kedua, analisa perkembangan tematik teksnya. Ketiga, tabulasikan hasil perkembangan tematiknya. Keempat, uraikan bagaimana perkembangan tematik bekerja dan jelaskan bagaimana jenis-jenis tematik bekerja dalam teks-teks.

Hasil penelitian diperoleh setelah menganalisis teks-teks bacaan. Pertama, ada tiga jenis perkembangan tematik yang ditemukan dalam teks-teks bacaan pada “Pathway to English” Kelas X Program Wajib Kurikulum 2013 oleh Erlangga. Jenis-jenis perkembangan tematik tersebut adalah re-iterate, zig zag, dan perkembangan tematik campuran. Kedua, masing-masing jenis tematik bekerja secara berbeda dalam teks-teks bacaan. Perkembangan tematik re-iterate membangun pesan pada teks dengan memfokuskan pada temanya. Perkembangan tematik zig zag menciptakan koherensi pada teks-teks bacaan dengan mengembangkan rima ke tema. Perkembangan tematik campuran terjadi karena ada perkembangan tematik re-iterate dan perkembangan tematik zig zag dalam suatu teks. Ketiga, implikasi pedagogis pada jenis-jenis perkembangan tematik dalam membaca adalah para pembaca dapat menangkap pesan pada teks dengan memperhatikan pola tematiknya. Keempat, pengajaran membaca menggunakan perkembangan tematik secara jelas memberikan pemahaman akan alur informasi pada teks-teks bacaan. Namun, para guru harus memahami dengan baik perkembangan tematik ketika mereka mengaplikasikannya dalam kelas.

Disarankan bahwa para guru seharusnya tahu tentang perkembangan tematik dan bagaimana mengaplikasikannya dalam pengajaran membaca. Para penulis seharusnya memahami dengan baik tentang perkembangan tematik supaya mereka dapat merancang teks bacaan yang bagus dan koheren. Disamping itu, para penerbit dan pemerintah seharusnya memilih para penulis yang kredibel sehingga mereka dapat menyediakan buku-buku pegangan yang berkualitas.

Kata Kunci : Tema, Rima, Perkembangan Tematik, Teks-teks Bacaan, Pengajaran Membaca

×
Penulis Utama : Nica Betari Nirwana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891508029
Tahun : 2017
Judul : Thematic Progression Found in Reading Texts of “Pathway to English” X Grade General Program Curriculum 2013 by Erlangga and The Implication on Teaching Reading
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Inggris-S891508029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Riyadi Santosa, M. Ed., Ph. D.
2. Dr. Ngadiso, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.