Penulis Utama : Ardian Yuliani Saputri
NIM / NIP : K4213014
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menjelaskan:  (1) latar  belakang sosial pengarang dalam penciptaan novel Pinatri Ing Teleng Ati; (2) aspek-aspek sosial yang ditampilkan dalam novel Pinatri Ing Teleng Ati; (3) tanggapan pembaca terhadap novel Pinatri Ing Teleng Ati; (4) nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Pinatri Ing Teleng Ati; (5) relevansi novel Pinatri Ing Teleng Ati sebagai bahan ajar apresiasi karya sastra Jawa kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data adalah dokumen dan informan. Dalam penelitian ini dokumen yang dimaksud adalah  novel Pinatri Ing Teleng Ati   karya   Tiwiek   SA.   Teknik   pengambilan   sampel   dilakukan   dengan menggunakan  purposive  sampling.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian   ini menggunakan teknik analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) latar belakang sosial pengarang dalam penciptaan novel Pinatri Ing Teleng Ati meliputi: latar belakang, status, ideologi, posisi sosial pengarang, dan profesi pengarang berpengaruh terhadap pembuatan novel Pinatri Ing Teleng Ati, serta latar penciptaan novel Pinatri Ing Teleng Ati didasarkan pengalaman pengarang di lingkungan tempat tinggalnya; (2) aspek-aspek sosial yang ditampilkan dalam novel Pinatri Ing Teleng Ati meliputi: bahasa, pekerjaan, pendidikan, politik, agama dan kepercayaan, tempat tinggal, budaya, dan kemasyarakatan; (3) novel Pinatri Ing Teleng Ati memilki tanggapan masing- masing atau tanggapan yang berbeda-beda terhadap novel Pinatri Ing Teleng Ati karya Tiwek  SA;(4) nilai pendidikan  budi pekerti  yang terdapat dalam novel Pinatri Ing Teleng Ati  meliputi 10 nilai, yaitu:  religiusitas, sosialitas, gender, keadilan, demokrasi, kejujuran, kemandirian, daya juang, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap lingkungan  alam; dan  (5) novel Pinatri Ing Teleng Ati relevan sebagai bahan ajar pembelajaran apresiasi karya sastra Jawadi Sekolah Menengah Atas sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.2 kelas XI di SMA pada Kurikulum 2013.

 

×
Penulis Utama : Ardian Yuliani Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213014
Tahun : 2017
Judul : Analisis Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Novel Pinatri Ing Teleng Ati Karya Tiwiek SA Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Jawa Kelas XI Di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Jawa-K4213014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.,
2. Drs. Amir Fuady, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.