Penulis Utama : Tri Prasetyo Adi Nugroho
NIM / NIP : K4613140
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lenting tengkuk melalui penerapan metode pembelajaran teman sebaya (Peer Tutoring) pada siswa kelas XI Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta  tahun pelajaran 2016/2017.
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta  yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif  yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase.
    Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan terjadi pada siklus I dan II. Pada pratindakan hasil belajar lenting tengkuk siswa yang dapat dikatakan tuntas berjumlah 5 siswa (25%) dan yang belum tuntas adalah 15 Siswa (75%). Pada siklus I hasil belajar lenting tengkuk siswa yang tuntas berjumlah 12 siswa (60%) dan yang belum tuntas adalah 8 siswa (40%). Sedangkan pada siklus II hasil belajar lenting tengkuk siswa yang dapat tuntas berjumlah 17 siswa (85%) dan yang belum tuntas adalah 3 Siswa (15%). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II.
    Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran teman sebaya (peer tutoring) dapat meningkatkan hasil belajar lenting tengkuk pada siswa kelas XI Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Tri Prasetyo Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613140
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Lenting Tengkuk (Neck-Spring) Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Tutoring) Pada Siswa Kelas XI Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Jasman, Rohani dan Rekreasi-K4613140-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes
2. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.