Penulis Utama : Wiwin Nurcahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113063
Tahun : 2017
Judul : Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Naskah Drama Berjudul Kali Ciliwung Karya Moch. Nursyahid P.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Manajemen-C0113063-2017
Subyek : TINDAK TUTUR DIREKTIF, NASKAH DRAMA BERJUDUL KALI CILIWUNG, PRAGMATIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Permasalahan  dalam penelitian  ini,  yaitu (1)  bagaimanakah  bentuk  penanda tindak tutur direktif dalam naskah drama berjudul Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P, (2) bagaimanakah maksud tindak tutur direktif dalam naskah drama berjudul Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P, (3) faktor apa sajakah yang melatarbelakangi adanya tindak tutur direktif dalam naskah drama berjudul Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk penanda tindak tutur direktif dalam naskah drama berjudul Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P, (2) mendeskripsikan  maksud  tindak  tutur  direktif  dalam  naskah  drama  berjudul  Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P, (3) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi tindak tutur direktif dalam naskah drama berjudul Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid
P.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan dalam naskah drama berjudul Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P yang di dalamnya  terdapat  tindak  tutur  direktif  beserta  konteksnya.  Sumber  data  dalam penelitian ini berupa naskah drama Kali Ciliwung karya Moch. Nursyahid P yang terdapat dalam buku antologi naskah drama yang berisi tiga naskah drama berbahasa Jawa yang berjudul  Pangorbanan, Kali Ciliwung, dan Secuwil Ati lan Wengi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak. Teknik dasar yang dipakai adalah teknik pustaka, sedangkan teknik lanjutnya adalah teknik catat. Penelitian ini menggunakan metode kontekstual dan padan. Metode penyajian data menggunakan metode formal dan informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga hal, yaitu (1) bentuk penanda tindak tutur direktif sebanyak 5 yang meliputi; bentuk penanda monomorfemis, polimorfemis, frase, klausa, dan kalimat, (2) maksud tindak tutur direktif sebanyak 13 yang meliputi; maksud menyuruh, memaksa, melarang, memohon, menuntut, mengingatkan, menyarankan, menantang, menasihati, melerai, mengancam, mengajak, dan mengusir, dan  (3)  faktor  yang melatarbelakangi  tindak  tutur  direktif, meliputi; (a) situation (situasi), (b) participant (pelaku), (c) ends (maksud), (d) act secuence (urutan struktur tindak tutur), (e) key (kunci), (f) instrumentalities (instrumentalitas), (g) norms (norma), dan (h) genre (jenis teks).

Kata Kunci : tindak tutur direktif, naskah drama berjudul Kali Ciliwung, pragmatik

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padmaningsih., M.Hum.
2. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya