Penulis Utama : Uzzaulviana Nurazizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213062
Tahun : 2017
Judul : Proses Pembelajaran Menggambar di Sanggar Anak Alam, Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3213062-2017
Subyek : PEMBELAJARAN, MENGGAMBAR, SANGGAR ANAK ALAM (SALAM)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar di Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta tingkat Sekolah Dasar kelas  kelas IV tahun 2017, mendeskipsikan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran di Sanggar Anak Alam, serta menganalisis visualisasi karya yang dihasilkan oleh anak didik kelas IV di Sanggar Anak Alam tahun 2017.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Sumber data yang digunakan berupa informan yang dipilih, dokumen, tempat, dan peristiwa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah “purposive sampling” atau sampel bertujuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Alasisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir (flow model).
    Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran di Sanggar Anak Alam memenuhi tujuh komponen pembelajaran, tanpa adanya spesifikasi mata pelajaran disetiap materi sehingga pembelajaran menggambar berintegrasi dengan pembelajaran lainnya. Pembelajaran menggambar digunakan sebagai media  pembelajaran lainnya. (2) Faktor pendukung proses pembelajaran diantaranya lokasi sanggar ditengah sawah, dukungan dari masyarakat sekitar, orang tua anak, fasisilitator, donatur, para relawan, serta anak-anak yang sudah terbiasa dengan iklim pembelajaran di SALAM. Sedangkan faktor penghambat yang ada adalah kondisi psikologi anak yang terkadang kurang siap megikuti pembelajaran, dan fasilitator yang terkadang kurang mampu mengkondisikan kelas. (3) Karya yang dibuat  oleh anak didik SALAM sebagian besar bertema tentag riset yang mereka jalani, lingkungan sekitar, serta isu yang sedang hangat diperbincangkan. Media yang sering digunakan adalah kertas, alat yang paling banyak digunakan adalah pensil, pensil warna, spidol, danoil pastel. Karya-karya yang ada sudah memenuhi unsur-unsur seni rupaseperti, titik, garis, bidang,  beberapa karya menunjukan perhatiannya pada unsur warna, dan prinsip desain seperti kesatuan, irama, point of interest, keseimbangan, kesederhanaan, kejelasan, serta beberapa anak menunjukan perhatiannya pada prinsip proporsi. Fungsi menggambar di SALAM adalah sebagai media dokumentasi, komunikasi, serta berekspresi.

Kata Kunci : Pembelajaran, Menggambar, Sanggar Anak Alam (SALAM)

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Endang Widyastuti, S.Pd,. M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP