Penulis Utama : Yohana Karolina Wolly
NIM / NIP : S861508028
×

Implementasi  nilai-nilai  kepahlawanan  R.A  Kartini  dimaksudkan untuk  mengembangkan  kualitas  peserta  didik  dan  pengembangan kepribadian. Sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam mata pelajaran IPS terutama pada materi Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman guru terhadap nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini (2) perencanaan pembelajaran IPS yang dilakukan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai kepahlawanan R. A. Kartini di SMPS Kartini Mataloko, (3) implementasi nilai-nilai kepahlawanan R. A. Kartini dalam pembelajaran IPS di SMPS Kartini Mataloko, (4) proses evaluasi dalam pembelajaran IPS yang mengintegrasikan nilai-nilai kepahlawanan R. A Kartini di SMPS Kartini Mataloko.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penggunaan strategi studi kasus. Adapun jenis sumber data yang digunakan adalah informan, tempat serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, mencatat arsip dan dokumen serta pengisian kuesioner. Selanjutnya teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai kepahlawanan R.A
Kartini dipahami sebagai nilai yang perlu diwariskan kepada generasi muda terkhusus remaja putri seperti semangat juangnya yang tinggi dalam memperjuangkan nasib kaum wanita. Nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini sangat dipamahami dengan baik oleh guru sehingga memudahkan guru dalam mentransfer  nilai-nilai  kepahlawanan  R.A  Kartini  kepada  peserta  didik melalui pembelajaran. (2) perencanan terdiri dari persiapan administratif dan teknis. Integrasi nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dalam pembelajaran IPS terlihat dari dimasukannya materi ajar tentang R.A Kartini dan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dalam silabus dan RPP. (3)pelaksanaan pembelajaran telah menerapkan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini dalam interaksi. Penerapan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab telah menunjukan upaya guru untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan  R.A  Kartini.  Kendala  yang  ditemui  berupa  sikap  siswa, suasana pembelajaran, sarana prasarana dan alokasi waktu. (4) Berkaitan dengan masalah penelitian, evaluasi yang dilakukan guru dalam upaya mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan R.A Kartini adalah dengan memberikan   penugasan   berupa   portofolio.   Selanjutnya   evaluasi   yang diberikan berupaulangan harian dan penugasan, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.

 

×
Penulis Utama : Yohana Karolina Wolly
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861508028
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Nilai-Nilai Kepahlawanan R. A. Kartini Dalam Pembelajaran IPS DI SMPS Kartini Mataloko
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Sejarah-S861508028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M. Pd. M. Hum
2. Prof. Dr. Sunardi, M. Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.