Penulis Utama : Naily Nur Kholidah
NIM / NIP : C0113039
×

Abstrak

Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu: (1) menyajikan suntingan teks Kitab Munjiyat yang paling unggul dan (2) mendeskripsikan ajaran tasawuf akhlaqi yang terkandung di dalam Kitab Munjiyat.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dalam bidang filologi. Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu: (1) naskah dengan judul Kitab Munjiyat koleksi Perpustakaan Sanabudaya Yogyakarta dengan nomor katalog I26, dan naskah dengan judul Kitab Munjiyat koleksi Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar, (2) hasil suntingan teks Kitab Munjiyat yang dianggap paling unggul. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah teks naskah Kitab Munjiyat dan ajaran tasawuf akhlaqi dalam teks naskah Kitab Munjiyat.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kajian isi (content analysis) yaitu dengan cara mentransliterasi naskah Kitab Munjiyat, yang telah didapatkan melalui tahapan inventarisasi dilanjutkan deskripsi dan digitalisasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kritik teks melalui tahapan  perbandingan teks untuk menentukan naskah dasar suntingan. Kemudian dilanjutkan dengan suntingan teks naskah dasar disertai dengan aparat kritik serta sinopsis teks. Metode penyuntingan Kitab Munjiyat yang digunakan adalah metode landasan karena naskah berbentuk jamak dan untuk mencari naskah yang paling unggul. Kajian isi dilakukan untuk mengungkapkan ajaran tasawuf akhlaqi dalam teks Kitab Munjiyat agar mudah dipahami.
    Simpulan penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Naskah Kitab Munjiyat (KM) merupakan naskah jamak yang tersimpan di perpustakaan Museum  Sanabudaya Yogyakarta dan perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar. Kedua naskah yang menjadi data dalam penelitian ini memiliki isi yang sama. Melalui perbandingan usia naskah, diketahui bahwa naskah KM1 lebih tua dibandingkan dengan naskah KM2. Berdasarkan perbandingan bacaan yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat 223 kata yang diedisikan.  Pilihan bacaan yang benar atau kata yang menjadi edisi teks pada naskah KM1 yaitu 152. Sedangkan pada KM2 terdapat 71 kata yang menjadi edisi teks. Melalui ketiga perbandingan tersebut, maka naskah KM1 dengan judul Kitab Munjiyat dengan nomor katalog I26 koleksi perpustakaan Museum Sanabudaya Yogyakarta diyakini sebagai naskah dasar suntingan. Setelah melalui cara kerja filologis tersebut, maka dapat disajikan suntingan teks Kitab Munjiyat yang dipandang paling unggul dan disertai pembenaran di bagian aparat kritik. (2) Kitab Munjiyat adalah naskah yang berisi tentang ajaran tasawuf akhlaqi yaitu ajaran tasawuf yang berorientasi pada perbaikan akhlak untuk mencari hakikat kebenaran di sisi Tuhan. Ajaran tersebut tercermin dalam tiga tingkatan pencapaian yaitu Takhali, Tahali dan Tajali.

Kata Kunci : Kitab Munjiyat, filologi, tasawuf akhlaqi

×
Penulis Utama : Naily Nur Kholidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113039
Tahun : 2017
Judul : Kitab Munjiyat (Suntingan Teks dan Kajian Tasawuf Akhlaqi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0113039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supana, M.Hum.
2. Drs. Supardjo, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.