Penulis Utama : Deri Rachmad Pratama
NIM / NIP : S841602009
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan struktur pembangun novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia dan novel Kukejar   Cinta   ke   Negeri   Cina   karya   Ninit   Yunita;   (2)   mendeskripsikan dan  menjelaskan  unsur  agama  dan  budaya  novel  Assalamualaikum  Beijing karya Asma Nadia dan novel Kukejar Cinta ke Negeri Cina karya Ninit Yunita; (3)     mendeskripsikan     dan     menjelaskan     hubungan     antara     hypogram dan transformasi novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia dengan novel Kukejar   Cinta   ke   Negeri   Cina   karya   Ninit   Yunita;   (4)   mendeskripsikan dan  menjelaskan  relevansi  unsur  agama  serta  budaya  pada  novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia dan novel Kukejar Cinta ke Negeri Cina karya Ninit Yunita dalam pembelajaran sastra di perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang mengkaji fenomena pada novel dengan pendekatan intertekstual. Berdasarkan hal itu, data dalam penelitian ini berupa dialog atau narasi yang mengandung unsur struktural, agama, dan budaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Data yang telah diperoleh divalidasi dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Selanjutnya, data dianalisis berdasarkan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga aktivitas analisis, yaitu: reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Tema kedua novel ini ialah hijrah sebagai proses menemukan cinta sejati. Makna hijrah dalam konteks ini merupakan perubahan karakter tokoh menjadi insan yang lebih mulia sebelum dipertemukan dengan jodoh. Semua itu tergambar pada  penokohan  Asma  dan  Zhongwen  dalam  Assalamualaikum  Beijing  serta Imam  dan  Widya  pada  Kukejar  Cinta  ke  Negeri  Cina.  Novel  Kukejar  Cinta ke Negeri Cina karya Ninit Yunita sebagai transformasi meneruskan hipogramnya karena banyak kesamaan yang terdapat pada kedua novel tersebut, baik secara struktural maupun nilai agama serta budayanya. Inspirasi novel Assalamualaikum Beijing berawal dari perjalanan Asma ke Beijing sebelum olimpiade, sedangkan Ninit Yunita mendapatkan ide untuk menulis novel Kukejar Cinta ke Negeri Cina saat melakukan ibadah haji tahun 2003. Dengan demikian, transformasi menyimpangi hipogramnya jika dikaji secara ekspresif. Nilai agama dan budaya novel ini mengandung nilai pembelajaran toleransi antarumat beragama dan saling menghargai keberagaman kebudayaan.

Kata Kunci : intertekstual, novel, assalamualaikum beijing, kukejar cinta ke negeri cina

×
Penulis Utama : Deri Rachmad Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841602009
Tahun : 2017
Judul : Kajian Intertekstual Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia dan Kukejar Cinta ke Negeri Cina Karya Ninit Yunita Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841602009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.