Penulis Utama : Monica Budi Oktavia
NIM / NIP : D1514066
×

Abstrak

Tujuan pengamatan ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai prosedur pengelolaan arsip rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeratno Gemolong Kabupaten Sragen. Arsip rekam medis ini sangat penting karena kegunaannya sebagai sumber ingatan yang harus didokumentasikan, bahan pertanggungjawaban, laporan, serta melindungi kepentingan hukum pasien, rumah sakit, maupun dokter dan tenaga lainnya.
Pengamatan ini dilakukan di unit rekam medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeratno Gemolong Kabupaten Sragen. Jenis pengamatan menggunakan jenis penelitian observasi berperan aktif, yaitu dengan ikut serta mengerjakan pekerjaan yang ada di unit rekam medis. Teknik pengumpulan yang dilakukan ialah wawancara, observasi dan dokumen.
Berdasarkan hasil pengamatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeratno Gemolong Kabupaten Sragen, terdapat prosedur pengelolaan arsip rekam medis, yaitu: Pertama, Penerimaan Pasien dan Pencatatan Arsip Rekam Medis. Kedua, Pendistribusian Arsip Rekam Medis. Ketiga, Assembling, Coding, Indexing dan Pelaporan. Keempat, Penyimpanan Arsip Rekam Medis. Kelima, Peminjaman dan Pengembalian Arsip Rekam Medis. Ketujuh ialah Penyusutan dan Pemusnahan Arsip Rekam Medis. Secara keseluruhan, prosedur pengelolaan arsip rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeratno Gemolong Kabupaten Sragen sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh rumah sakit. Akan tetapi, terdapat beberapa masalah dalam pengelolaan yaitu kurangnya pengawasan dalam peminjaman dan pengembalian arsip yang mengakibatkan terselipnya arsip, dan terbatasnya rak penyimpanan yang menjadikan arsip diletakkan tidak pada tempatnya. Dari beberapa masalah yang dihadapi di unit rekam medis, penulis memberikan saran untuk menambah rak penyimpanan dan menambah pengawasan sehingga arsip rekam medis lebih terjaga dan terlindungi.

Kata Kunci : Prosedur, Pengelolaan, Arsip, Rekam Medis

×
Penulis Utama : Monica Budi Oktavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514066
Tahun : 2017
Judul : Prosedur Pengelolaan Arsip Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soeratno Gemolong Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. Studi Manajemen Administrasi-D1514066-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suryatmojo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.