Penulis Utama : Jenny Kris Hildawati
NIM / NIP : D1514056
×

Abstrak

Pengajuan jaminan dalam rangka kepabeanan merupakan kewajiban bagi Perusahaan/Importir untuk mendapatkan penangguhan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta. Dalam mengelola jaminan dalam rangka kepabeanan Pejabat Bea dan Cukai serta Perusahaan yang bersangkutan harus mengikuti prosedur dari Kantor Bea dan Cukai yang telah diatur dalam Peraturan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Nomor Per-2/BC/2011 tentang Pengelolaan Jaminan Dalam Rangka Kepabeanan.

Tujuan  Pengamatan  ini  adalah  mengetahui  tentang  administrasi pengelolaan Jaminan Customs Bond dalam rangka kepabeanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan adalah Observasi Berperan, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu wawancara, observasi berperan aktif, serta mengkaji dokumen dan arsip.

Hasil pengamatan administrasi pengelolaan Jaminan yang dilakukan oleh Pejabat Bea dan Cukai mulai dari kegiatan penerimaan jaminan yang meliputi penerimaan dokumen-dokumen penyerahan jaminan, penelitian dokumen- dokumen penyerahan jaminan, konfirmasi dari Pihak Penjamin. Kemudian pemberian Lembar Bukti Penerimaan Jaminan, perpanjangan jaminan, pengembalian atau penarikan jaminan yang meliputi penerimaan dokumen- dokumen penarikan jaminan, penelitian dokumen-dokumen penarikan jaminan. Serta   pengembalian   Jaminan   kepada   pihak   Pengusaha   Kawasan   Berikat. Pencairan  atau  klaim  jaminan  yang  meliputi  kegiatan  penerimaan  dokumen sebagai dasar tagihan pungutan Negara yang wajib dilunasi oleh Pengusaha Kawasan Berikat. Kemudian mengirimkan surat pencairan jaminan kepada Perusahaan Asuransi Penjamin (Surety) dan Pengusaha Kawasan Berikat (Principal).

Kata Kunci : Pengelolaan, Jaminan Customs Bond

×
Penulis Utama : Jenny Kris Hildawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514056
Tahun : 2017
Judul : Administrasi Pengelolaan Jaminan Customs Bond dalam Rangka Kepabeanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.