Penulis Utama : Hastin Ayu Pramesti
NIM / NIP : D1514048
×

Abstrak

Dinas Perhubungan atau biasa disebut  Dishub  adalah  salah  satu  dari Satuan Kerja   Perangkat   Daerah (SKPD)   dalam   lingkungan Pemerintah   Daerah   Kota Surakarta     yang     berkedudukan     sebagai Dinas     Daerah.     Dinas Perhubungan merupakan   unsur   pelaksana   Pemerintah   Daerah   di   bidang  Perhubungan   yang dipimpin  oleh  Kepala  Dinas  dan  berkedudukan  di  bawah  dan  bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Peran Dinas Perhubungan khususnya Bidang Perparkiran Kota Surakarta mempunyai kontribusi yang besar dalam penertiban parkir di Kota Surakarta. Bidang Perparkiran sendiri mempunyai tugas untuk melakukan sebagian kegiatan teknis opeasional dan/atau kegiatan penunjang Dinas  di bidang pengelolaan  perparkiran. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dari Dinas Perhubungan dalam menertibkan parkir liar roda 4 di kota Surakarta.

Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengamatan ini dilaksanakan  di  kantor  Dinas  Perhubungan  Bidang  Perparkiran  Kota  Surakarta. Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi,  wawancara  serta dokumen dan arsip. Penulis   melakukan   pengamatan terhadap   objek   yang  diteliti secara langsung  yang bertujuan  untuk mengumpulkan data.

Hasil pengamatan menunjukkan jika peran Dinas Perhubungan dalam menertibkan parkir di kota Surakarta sudah cukup baik. Hal tersebut terlihat bahwa saat ini sudah jarang ditemukan masyarakat yang menggunakan daerah larang parkir sebagai tempat parkir dibandingkan tahun-tahun sebelumnya walau begitu tetap ada saja masyarakat yang hingga kita masih menjadi pengguna parkir liar. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Bidang Perparkiran untuk lebih efektif dan maksimal lagi dalam melakukan penertiban parkir liar. Masalah parkir liar seharusnya tidak hanya menjadi tanggung jawab Bidang Perarkiran saja tetapi juga dari kesadaran masyarakat masing-masing. Dalam menertibkan parkir, Bidang Perparkiran memiliki 2 (dua) program yang dijalankan yaitu Program Sosialisasi dan Program Penindakan. Pada dasarnya,  Bidang  Perparkiran  sudah  menjalankan  tugas  dan  tanggung  jawabnya secara baik dan maksimal.

Kata Kunci : Dinas Perhubungan, parkir

×
Penulis Utama : Hastin Ayu Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514048
Tahun : 2017
Judul : Peran Dinas Perhubungan dalam Menertibkan Parkir Liar Roda 4 di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jamil, S.Sos, MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.