Penulis Utama : Ari Sandra Prasetyana
NIM / NIP : K5113005
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media boneka terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh  tunagrahita kelas II SD Al-Firdaus Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen subjek tunggal atau Single Subjek Research (SSR), dengan desain penelitian A1– B–A2 atau Baseline I–Intervensi–Baseline II. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak tunagrahita ringan kelas II SD Al-Firdaus Surakarta tahun ajaran
2016/2017. Penentuan subjek ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes praktik. Uji validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas isi. Realibilitas  yang digunakan dalam penelitian ini adalah inter-rater. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang disajikan melalui tabel dan grafik dengan menggunakan komponen analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal anggota tubuh subjek. Analisis data penelitian menunjukkan  terdapat peningkatan mean level pada setiap fase. Pada baseline I (A1) mean levelnya 50, pada fase intervensi (B) mean levelnya meningkat menjadi 66,29, dan pada baseline II (A2)
mean levelnya meningkat menjadi 78,33. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media boneka berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh anak tunagrahita kelas II SD Al-Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Ari Sandra Prasetyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113005
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Media Boneka Terhadap Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Tunagrahita Kelas II SD AL-Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PLB-K5113005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si
2. Sugini, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.