Penulis Utama : Riezdiani Restu Widyoningrum
NIM / NIP : E0013342
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa mengenai perlindungan hukum bagi pemegang saham minoritas ketika terjadi insider trading pada perdagangan saham di pasar modal Indonesia dan untuk mendeskripsikan mekanisme pengawasan terhadap praktik insider trading yang dilakukan oleh OJK dan BEI serta hambatan yang dialami pada saat melaksanakan tugas pengawasan praktik insider trading.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan studi kepustakaan dan teknik analisis data bersifat kualitatif.
    Perlindungan hukum bagi pemegang saham minoritas terhadap implikasi praktik insider trading terbagi menjadi 2 (dua) bentuk, yaitu perlindungan hukum melalui sistem auto rejection guna menekan angka kerugian serta perlindungan hukum melalui kesempatan melakukan upaya gugatan perdata. Pengawasan praktik insider trading merupakan kewenangan 2 (dua) institusi, yaitu OJK dan BEI. Hambatan yang dialami oleh pengawas adalah hambatan internal berupa kurangnya personil, sulitnya melacak Finish Beneficiary Ownership dan sistem data warehouse yang belum stabil, serta hambatan eksternal berupa akses rekening nasabah di bank terbatas, akses tapping telecommunication record terbatas dan terjadinya cross border insider trading.

Kata Kunci : Insider Trading, Perlindungan Hukum, Pemegang Saham Minoritas

×
Penulis Utama : Riezdiani Restu Widyoningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013342
Tahun : 2017
Judul : Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas terhadap Implikasi Praktik Insider Trading di Pasar Modal Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0013342-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.