Penulis Utama : Yunisa Eka Hapsari
NIM / NIP : K3113079
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendiskripsikan kebutuhan dan kepentingan peserta didik terhadap keterampilan bekerjasama dalam kelompok, 2)untuk mendiskripsikan kajian teoritis tentang layanan konseling REB dan keterampilan bekerjasama dalam kelompok, dan 3) untuk menghasilkan prototype-1 Layanan Pengembangan Panduan Konseling Kelompok REB untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik SMK untuk Guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang nantinya akan diuji keefektifan dan kepraktisannya
    Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Develpoment), namun penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap ketiga yaitu untuk menghasilkan prototype-1 berupa Panduan Konseling Kelompok REB untuk Meningkatkan Keterampilan Bekerjasama Peserta Didik SMK. Pembuatan panduan berdasarkan dari data lapangan berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik, yang didapatkan dari tiga responden yaitu peserta didik, guru BK, dan orang tua. Kemudian pemilihan judul penelitian didasarkan pada presentase tertinggi dari hasil analisis data kebutuhan tersebut.
Hasil penelitian ini antara lain adalah, pertama, pada kajian empririk berisi tentang hasil survei yang telah dilaksanakan Mahasiswa BK angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung dan didapatkan data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik yang menunjukkan bahwa 47,04% responden sangat membutuhkan dan 47,16% responden sangat merasa penting terhadap pengembangan keterampilan bekerjasama dalam kelompok. Kedua, kajian teoritik mengenai keterampilan bekerjasama dalam kelompok meliputi pengertian keterampilan bekerjasama dalam kelompok, bentuk kerjasama, faktor yang mempengaruhi kerjasama, aspek-aspek kerjasama, dan cara meningkatkan kerjasama. Kemudian untuk kajian teoritik mengenai konseling REB meliputi pengertian konseling REB, tujuan konseling REB, langkah-langkah konseling REB, serta konseling REB untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dalam kelompok. Ketiga, berdasarkan dari kajian teoritik dan kajian empirik disusunlah panduan konseling kelompok REB untuk meningkatkan keterampilan bekerjasama peserta didik SMK. Buku Panduan terdiri dari 3 buku yaitu Buku Pegangan Guru BK Lembar Kerja Peserta Didik, dan Lembar Jawab Peserta Didik.
Hasil dari penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya yang berminat untuk mengembangkan panduan yang akan diujikan keefektifan dan uji kepraktisannya.

Kata kunci: panduan keterampilan bekerjasama dalam kelompok, metode Konseling Kelompok REB, peserta didik SMK

 

×
Penulis Utama : Yunisa Eka Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113079
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Panduan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavioral (REB) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bekerjasama Peserta Didik SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Bimbingan dan Konseling, K3113079-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah H.A., M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.