Penulis Utama : Maesaroh
NIM / NIP : K1212045
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dan media gambar fotografi.
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Karanganyar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 dan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Karanganyar. Sumber data penelitian ini adalah proses berlangsungnya pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, pemberian tes, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil antarsiklus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model PBL dan media gambar fotografi dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa XI IPS 3 SMA Negeri 1 Karanganyar. Peningkatan motivasi belajar ditandai dengan meningkatnya rerata motivasi belajar tiap siklus. Pada siklus I retata motivasi mencapai 22,37 (sedang) meningkat menjadi 26,21 (baik) pada siklus II. Adapun peningkatan keterampilan menulis siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang nilainya mencapai batas kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus I rerata keterampilan menulis teks eksplanasi siswa mencapai 79,74 dengan persentase ketuntasan sebesar 70%. Pada siklus II rerata ketarampilan menulis siswa mencapai 82,56 dengan persentase ketuntasan sebesar 93%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model PBL dan media gambar fotografi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ekplanasi.

 

×
Penulis Utama : Maesaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212045
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Dengan Media Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-K1212045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.