Penulis Utama : Dewi Trisnawati
NIM / NIP : S031502007
×

Tujuan penelitian ini untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan teknik bimbingan kelompok; (2) mengetahui  seberapa  besar  peningkatan  motivasi  belajar  peserta  didik  setelah diajar menggunakan teknik bimbingan kelompok; (3) mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan teknik bimbingan kelompok.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus  dimana  setiap  siklusnya  terdapat  empat  tahapan  yaitu;  plan,  action, observe,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  ini  adalah  peserta  didik  kelas  V  SD Negeri Yosodipuro 104 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan multy mixed method. Selanjutnya untuk mengukur motivasi belajar dalam penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur pemahaman kosep menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu Joint Display dimana dalam analisis tersebut menyajikan kedua kelompok data kualitatif dan kuantitatif yang telah dianalisis secara terpisah untuk memperdalam hasil analisis data .

Hasil pengukuran motivasi terdapat dua kelompok data yaitu skor angket dan skor observasi  dimana skor angket diketahui persentase motivasi tinggi siklus I sebesar 62,2%, siklus II 81,08%, dan siklus III 86,49%. Berdasaarkan hasil observasi motivasi belajar pada siklus I sebesar 64,87%, siklus II 78,38%, dan siklus III 83,79%. Hasil pengukuran pemahaman konsep peserta didik terdapat dua kelompok data yaitu nilai tes dan hasil wawancara. Dimana nilai tes yang memenuhi KKM pada siklus I sebesar 64,85%, siklus II 81,08%, dan siklus III
83,78%. Hasil wawancara memberikan penguatan pada hasil tes dimana peserta didik dengan nilai tinggi mampu memahami konsep peristiwa alam sedang peserta didik dengan nilai rendah belum mampu memahami konsep peristiwa alam. Dengan   demikian   dapat   disimpulkan   bahwa   penerapan   teknik   bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep   mata pelajaran IPA materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada kelas V SDN Yosodipuro 104 tahun ajaran 2015/2016.

 

×
Penulis Utama : Dewi Trisnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031502007
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Peristiwa Alam Kelas V SD (PenelitianTindakan Kelas pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN YosodipuroTahunAjaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister PGSD-S031502007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Gunarhadi, M.A, Ph.D
2. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.