Penulis Utama : Heru Suryadi
NIM / NIP : K4612075
×

Abstrak

Tujuan Penelitian  ini adalah untuk meningkatkan  hasil belajar  bermain  bolavoli pada  peserta  didik  kelas  VIII  A  SMP  Negeri  2  Parang  Magetan  tahun  pelajaran
2017/2018.  Penelitian  ini merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Penelitian  ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Parang Magetan yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 14 peserta didik putra dan 8 peserta didik putri. Sumber  data  dalam  penelitian  ini  berasal  dari  peserta  didik  dan  guru  yang  bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi yang dideskripsikan dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Hasil  analisis  menunjukan  bahwa  penerapan  pendekatan  bermain  dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar bolavoli  pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 63,64% atau sebanyak 14 peserta didik dari 22 peserta didik. Peningkatan  hasil belajar bolavoli  juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar  95,45%  atau sebanyak  21 peserta  didik  yang tergolong  kriteria  tuntas dengan KKM 75 dan 1 peserta didik lainnya tergolong dalam kategori Belum Tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar bolavoli pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Parang Magetan tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Bermain Bolavoli, Pendekatan Bermain

×
Penulis Utama : Heru Suryadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612075
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Bolavoli Melalui Pendekatan Bermain pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Parang Magetan Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4612075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Singgih Hendarto, S.Pd. ,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.