Penulis Utama : Avif Qoni’ah
NIM / NIP : K2513007
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator dan penambahan etanol pada pertalite serta penggunaan pertamax terhadap konsumsi bahan bakar mesin mobil EFI.
Sampel dalam penelitian ini adalah mesin EFI Suzuki APV dari populasi mobil EFI dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian dilakukan di Laboratorium Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode  eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Variasi pipa yang digunakan adalah tanpa pipa, pipa tanpa sirip, pipa dengan sirip radial jarak 30 mm, 20 mm, 10 mm, dan variasi penambahan etanol yang digunakan adalah 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% serta penggunaan pertamax.
Hasil penelitian ini adalah penerapan pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator mengakibatkan konsumsi bahan bakar bertambah dengan nilai rata-rata peningkatan sebesar 7,78% dan penambahan etanol pada pertalite dengan kadar 0% s.d. 20?pat mengurangi konsumsi bahan bakar dengan nilai rata-rata penurunan 4,86%. Konsumsi paling rendah terjadi pada radiator standar (tanpa pipa) dengan kadar etanol 20% dan penggunaan pertamax yaitu 51,667 ml/menit.
Kata Kunci:  pipa bersirip radial, etanol, mesin bensin, EFI, konsumsi bahan bakar

 

×
Penulis Utama : Avif Qoni’ah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513007
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pipa Bersirip Radial Melalui Upper Tank Radiator Dan Penambahan Etanol Pada Bahan Bakar Pertalite Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mesin Mobil Efi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, K2513007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.,
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.