Penulis Utama : Sri Rahayu
NIM / NIP : C0513052
×

Abstrak

Penilitianinibertujuanuntuk: (1) Mengetahui latar belakang transmigrasi swakarsa mandiri masyarakat Jawa di Kabupaten Dati II Luwu, (2) Mengetahui  proses transmigrasi swakarsa mandiri masyarakat Jawa dari daerah asal sampai di Kabupaten Dati II Luwu, (3) Mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh kedatangan transmigrasi swakarsa mandiri masyarakat Jawa di Kabupaten Dati II Luwu.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan empattahapanyaitu heuristik (teknik pengumpulan data), kritiksumber, interpretasi dan historiografi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedatangan transmigrasi swakarsa mandiri di Luwu mengalami peningkatan, dan jumlah perbandingan dengan transmigrasi umum 3 : 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kedatangan transmigran swakarsa mandiri masyarakat Jawa di Luwu dilator belakangi oleh faktor pendorong dan factor penarik. Faktor pendorong tersebut seperti kepadatan penduduk, kehidupan ekonomi dan social transmigran. Sedangkan factor penariknya adalah keunggulan potensi Luwu sebagai daerah penempatan tranmigran, keterbukaan pemerintah daerah serta  masyarakat setempat, fasilitas pemerintah, dan keberhasilan transmigran terdahulu. Proses transmigrasi swakarsa mandiri di Luwu melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembimbingan, pembinaan, perlindungan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian transmigran. Penyelenggaraan transmigrasi swakarsa mandiri di Luwu telah memberikan perubahan dalam kehidupan ekonomi transmigran dengan memperoleh mata pencaharian dan peningkatan pendapatan. Perubahan juga dialami oleh masyarakat local yang mulai meninggalkan praktek perladangan berpindah. Alokasi penempatan transmigran sesuai azas tripartial membuat interaksi social transmigran dan masyarakat setempat terjalin dengan cepat dan baik. Kebiasaan yang masih dilestarikan oleh transmigran Jawa juga dapat berbaur dengan kebiasaan masyarakat setempat, dan membuat kebudayaan yang berkembang di  Tana Luwu menjadi semakin beragam.

Kata Kunci : Transmigrasiswakarsa, MasyarakatJawa, Luwu, AzasTripartial, Perubahan

×
Penulis Utama : Sri Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0513052
Tahun : 2018
Judul : Transmigrasi Swakarsa Mandiri Masyarakat Jawa di Kabupaten Dati II Luwu Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 1989 - 1993
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0513052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini Wijaya Wardani, M.Pd.
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.