Penulis Utama : Dyah Pamuji Rahayu
NIM / NIP : K1312026
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Talking Chips atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, siswa dengan aktivitas belajar sedang, atau siswa dengan aktivitas belajar rendah, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan perbandingan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dimana kelas eksperimen terdapat 32 siswa dan kelas kontrol terdapat 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai Ulangan Tengah Semester I matematika, metode angket untuk data aktivitas belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika pada materi perbandingan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Kooperatif teknik Talking Chips menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dari pada model pembelajaran langsung pada materi perbandingan, (2) siswa dengan aktivitas belajar tinggi memperoleh prestasi belajar yang sama baiknya dengan aktivitas belajar sedang, siswa dengan aktivitas belajar tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dari pada siswa dengan aktivitas belajar rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang memperoleh prestasi belajar sama baiknya dengan aktivitas belajar rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran baik model pembelajaran Kooperatif teknik Talking Chips maupun langsung dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematikanya pada materi perbandingan.
Kata kunci : Talking Chips, prestasi belajar, aktivitas belajar, perbandingan

 

×
Penulis Utama : Dyah Pamuji Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312026
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Talking Chips Pada Pokok Bahasan Perbandingan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP N 14 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Bimbingan dan Konseling, K1312026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.,
2. Dhidhi Pambudi S.Si., M.Cs.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.