Penulis Utama : Tutuko Firdani
NIM / NIP : K2513067
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi countercone cyclone separator pada sistem gasifikasi updraft dan profil aliran fluida yang terjadi pada countercone cyclone separator sistem gasifikasi updraft
Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian eksperimen dan simulasi. penelitian eksperimen dilakukan untuk mendapatkan data-data parameter yang dibutuhkan untuk simulasi. Eksperimen dilakukan dengan pengujian RDF 5 limbah padat home industry mie sohun di Desa Bendo dengan metode Bomb Calorimeter dilakukan di laboratorium Unit Pengujian Terpadu (UPT) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan analisis ultimate dan analisis proximate oleh Laboratorium Uji TekMIRA (Teknologi Minyak dan Mineral) Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Bandung. Dari data hasil pengujian tersebut dilanjutkan ke simulasi dan kalkulasi menggunakan software Aspen Plus versi 8.8 untuk mengetahui properties gas producer yang keluar dari reaktor gasifikasi. Data hasil simulasi gasifikasi dengan Aspen Plus ini selanjutnya dimanfaatkan sebagai data parameter input untuk pemodelan cyclone separator.
Hasil simulasi CFD software Ansys Fluent 16.2 dianalisis profil aliran fluida dan efisiensi pemisahan partikelnya di countercone cyclone separator. CFD simulasi dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan countercone di pemisah siklon. Cyclone separator dengan 3 model berbeda pada penambahan countercone, antara lain tanpa menggunakan countercone, countercone 90º dan countercone 120º. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan menambahkan countercone 120º di pemisah siklon meningkatkan efisiensi koleksi ash lebih baik diandingkan tanpa menggunakan countercone  dan countercone 90º, terutama pada diameter partikel ash kurang dari 1 µm.

Kata kunci: Cyclone separator, Countercone, Sistem gasifikasi, Efisiensi pemisahan ash, CFD

 

×
Penulis Utama : Tutuko Firdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513067
Tahun : 2017
Judul : Pemodelan Profil Dan Efisiensi Countercone Cyclone Separator Pada Sistem Gasifikasi Updraft
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, K2513067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.T., M.Pd.,
2. Yuyun Estriyanto, S.T.,M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.