Penulis Utama : Aritya Gusmala Sari
NIM / NIP : K1211012
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen melalui penerapan teknik debat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan siklus, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari proses pembelajaran, informan (guru dan siswa), serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes/unjuk kerja, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei pratindakan, pelaksanaan siklus, dan penyusunan laporan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik debat dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1) Pada pratindakan, nilai rata-rata motivasi siswa sebesar 66.88 dengan persentase keberhasilan 31.25%. Pada siklus I, nilai rata-rata motivasi siswa mengalami peningkatan menjadi 78.33 dengan persentase keberhasilan sebesar 67.86%. Pada siklus II, nilai rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 84.05 dengan persentase keberhasilan mencapai 82.14%; (2) Pada pratindakan,  nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa 67.58 dengan persentase ketuntasan akhir 31.25%. Pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan menjadi 71.88 dengan persentase ketuntasan akhir 57.14%. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 75.45 dengan persentase ketuntasan akhir 78.47%.

 

×
Penulis Utama : Aritya Gusmala Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211012
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Teknik Debat Berbasis Teks Diskusi Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen Tahun Ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum
2. Atikah Anindyarini, SS., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.