Penulis Utama : Asri Kusumaningrum
NIM / NIP : F3614022
×

ABSTRAK

Penelitian ini menjelaskan tentang tingkat efisiensi kegiatan operasional pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo. Penelitian ini juga membahas tentang persentase dan perkembangan mata anggaran dalam operasional PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo. Ukuran efisiensi operasional perbankan menggunakan BOPO.
Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Tujuan menggunakan metode diskriptif kualitatif yaitu dapat mengembangkan pemahaman melalui analisis data sehingga akan memberikan justifikasi mengenai konsep dan makna yang terkandung dalam data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara beberapa pihak dari PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo periode tahun 2010-2016.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan operasional tahun 2016 pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo efisien. Pada tahun 2016 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo memiliki  Rasio BOPO sebesar 68,32 % (persen), lebih rendah dari tahun sebelumnya. Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo mengalami perkembangan dalam mata anggarannya. Pada tahun 2016 mata anggaran yang memiliki persentase tertinggi yaitu Sewa (Sewa Gedung Kantor) dan Jasa (Pengeluaran Outsourcing). Pada tahun 2016, rasio BOPO PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo berada dibawah rata-rata rasio BOPO perbankan Nasional yaitu sebesar 83,93% (persen). Dengan menekan biaya operasional khususnya pada jasa tenaga outsourcing akan meningkatkan pendapatan yang akan diperoleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo. Memperkecil terjadinya eror/kesalahan dalam memberikan anggaran tersedia/target anggaran pada setiap mata anggaran akan meningkatkan efisiensi.


Kata kunci : Operasional, Efisiensi, BOPO, Anggaran Tahunan.

 

×
Penulis Utama : Asri Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614022
Tahun : 2017
Judul : Efisiensi Kegiatan Operasional Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Keuangan dan Perbankan-F3614022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugroho Saputro, SE., M.Ec.Dev.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.