Penulis Utama : Tony Faturohman
NIM / NIP : K7412174
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan perbekalan kantor UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (2) Peningkatan pelayanan kepada pengguna melalui optimalisasi perbekalan kantor UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (3) Kendala dalam pengelolaan perbekalan kantor (4) Upaya untuk mengatasi kendala dalam pengelolaan perbekalan kantor.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Sumber-sumber yang digunakan untuk memperoleh data didapat dari informan, dokumen, tempat dan lokasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling kemudian dilanjutkan dengan teknik Snowball  Sampling.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  teknik  interview, analisis  dokumen  dan  observasi.  Uji  validitas  data  menggunakan  triangulasi sumber dan tiangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis interaktif.
Hasil penelitian ini (1) Pengelolaan perbekalan kantor UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret dilakukan dengan (a) Perencanaan untuk menentukan kebutuhan barang (b) Pengadaan yang dilakukan oleh UPT ULP dan UPT BMN selaku pelaksana pengadaan seluruh UPT yang ada di Universitas Sebelas Maret (c) Inventarisasi dilakukan oleh petugas SIMAK BMN karena seluruh barang
merupakan adalah barang milik Negara (d) pemeliharaan dilakukan secara sehari-
hari dan berskala (e) Pengiriman barang dilakukan dengan perjalanan darat (f) Penyimpanan  hanya  untuk  alat-alat  tulis  kantor  (g)  Penghapusan  dilakukan dengan cara lelang (h) Pengendalian dilakukan dengan membuat kartu pengendalian barang. (2) Peningkatan pelayanan kepada pengguna melalui optimalisasi perbekalan kantor dengan menyediakan fasilitas berbentuk barang dan ruangan. (3) Kendala dalam pengelolaan perbekalan kantor yaitu; (a) Kurangnya anggaran (b) Kurangnya kesadaran pengguna dalam memelihara maupun merawat barang (c) Kurangnya kompetensi petugas (4) Upaya mengatasi kendala dalam pengelolaan perbekalan kantor dengan beberapa cara yaitu; (a) Memprioritaskan kebutuhan barang yang lebih penting (b) Meningkatkan komunikasi dengan pengguna (c) Memberikan pelatihan kepada SDM terkait.

 

×
Penulis Utama : Tony Faturohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412174
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Manajemen Perbekalan Kantor di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Dalam Peningkatan Pelayanan Kepada Pengguna
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Administrasi Perkantoran-K7412174-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Santoso T.H., M.Pd
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.