Penulis Utama : Irvan Maulana
NIM / NIP : K2513032
×

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki : (1) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar pada uji jalan Mobil Isuzu Panther. (2) Pengaruh pemansan bahan bakar solar pada pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator pada uji jalan Mobil Isuzu Panther. (3) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator pada uji jalan Mobil Isuzu Panther .
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Mobil Isuzu Panther dan sampel penelitian ini adalah Isuzu Panther TBR 541 SM 25. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data diperoleh dengan melakukan uji jalan sesuai SNI.7554-2010 sejauh 2,7 km. Variasi kadar biodiesel adalah 0%,5%,10%,15%,20%,25%,30%. Variasi jarak antar sirip radial pada pipa adalah 10 mm, 20 mm, 30 mm. Data yang diperoleh dari uji jalan adalah jumlah konsumsi bahan bakar sebagaimana adanya kemudian dianalisis dengan diskriptif komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Penambahan biodiesel pada bahan bakar solar berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, konsumsi bahan bakar bakar paling hemat di peroleh pada campuran bahan bakar 15% atau hemat 36%. (2) Pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator berpengaruh tehadap konsumsi bahan bakar, konsumsi bahan bakar paling hemat diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial jarak 30 mm atau hemat 23%. (3) Penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan penggunaan pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, ditunjukan dengan campuran biodiesel ke dalam solar 20% dan penggunaan pipa bersirip radial 30 mm sebesar 211,7 ml/km selisih 188,3 ml atau 47?ri konsumsi standar.

 

×
Penulis Utama : Irvan Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513032
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penambahan Biodiesel Pada Bahan Bakar Solar Dan Penerapan Pipa Bersirip Radial Di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Uji Jalan Mobil Isuzu Panther
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Teknik Mesin-K2513032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng
2. Ir. Husin Bugis, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.