Penulis Utama : Yoga Anindita
NIM / NIP : F0313100
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengevaluasi penerapan pengelolaan wakaf tunai pada Lembaga Amil Zakat di Kota Surakarta, (2) menganalisis penyajian wakaf tunai dalam laporan keuangan pada Lembaga Amil Zakat di Kota Surakarta, (3) mendeskripsikan respons penerima manfaat wakaf tunai di Kota Surakarta, (4) menemukan kendala dalam penerapan pengelolaan wakaf tunai pada Lembaga Amil Zakat di Kota Surakarta, dan (5) mengusulkan alternatif solusi atas kendala dalam penerapan pengelolaan wakaf tunai pada Lembaga Amil Zakat di Kota Surakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan subjek penelitian tiga lembaga amil zakat di Kota Surakarta dan empat penerima manfaat wakaf tunai. Teknik pengumpuluna data yang digunakan adalah triangulasi dengan metode wawancara mendalam (in depth interview), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengelolaan wakaf tunai tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku dari Badan Wakaf Indonesia. Laporan keuangan telah disajikan secara periodik tetapi belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAS). Penerima manfaat merasakan nilai manfaat dari wakaf tunai dalam menunjang pemenuhan lima prinsip dasar tegaknya kehidupan hak asasi manusia (maslahah daruriyah). Kendala yang dihadapi lembaga amil zakat di Kota Surakarta diantaranya adalah kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, sosialisai dan edukasi, serta legalitas lembaga.
Kata kunci: pengelolaan, wakaf tunai, lembaga amil zakat, laporan keuangan

 

×
Penulis Utama : Yoga Anindita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313100
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Penerapan Pengelolaan Wakaf Tunai Sebagai Alternatif Peningkatan Kemaslahatan Umat Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis-Program Studi Akuntansi -F0313100-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.