Penulis Utama : Anisa Setiowati
NIM / NIP : K3513013
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui perbedaan penggunaan aplikasi reward system yang ditinjau dari keaktifan siswa kelas X Multimedia di SMK Batik 2 Surakarta, (2) untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi reward system yang ditinjau dari keaktifan siswa di SMK Batik 2 Surakarta, (3) untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media berbasis aplikasi reward system dengan tanpa media reward system di SMK Batik 2 Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Batik 2 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah kelas X MM1, X MM2 dan X MM 3. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi yaitu untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment begitu pula dengan teknik wawancara atau interview.
Untuk mengetahui adanya perbedaan keaktifan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan aplikasi reward system dan yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan reward system yaitu melalui analisis indeks gain. Berdasarkan hasil analisis indeks gain diketahui bahwa kelas Eksperimen 0,3112 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas Kontrol sebesar 0,1513 dengan kriteria rendah.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Batik 2 Surakarta, Sedangkan  untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan aplikasi reward system untuk meningkatkan keaktifan belajar yaitu dengan menggunakan uji t independent t test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 3,703. ttabel = 2,64208 pada taraf kesalahan 5% dengan df=76. Jadi thitung> ttabel yang berarti ada perbedaan yang signifikan yaitu nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol sehingga pembelajaran dengan menggunakan aplikasi reward system lebih efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar.
Kata Kunci :Konvensional, Keaktifan Belajar, Jaringan Dasar

 

×
Penulis Utama : Anisa Setiowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513013
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Keaktifan Belajar Siswa Antara Pembelajaran Konvensional Dengan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Aplikasi Reward System Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Batik 2 Surakata
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M.Pd,
2. Basori, S.Pd.,M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.