Penulis Utama : Dwi Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113019
Tahun : 2017
Judul : Klasifikasi Cinta Enam Cerkak Dalam Antologi Cerkak Rembulane Wis Ndadari “Bulan Sudah Bersinar” Karya Sri Setya Rahayu Menggunakan Segitiga Cinta Robert Strenberg (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Program Studi Sastra Daerah-C0113019-2017
Subyek : CERKAK REMBULANE WIS NDADARI, CINTA, PSIKOLOGI SASTRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) unsur-unsur yang membangun enam cerkak dalam Antologi Cerkak Rembulane Wis Ndadari karya Sri Setya Rahayu menurut teori struktural Robert Stanton, (2) klasifikasi cinta dalam enam cerkak ACRWN Karya Sri Setya Rahayu menggunakan segitiga cinta Robert Strenberg.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan unsur struktural enam cerkakdalamACRWNkarya Sri Setya Rahayu menurut teori struktural Robert Stanton, (2) mendeskripsikan klasifikasi cinta dalam enam cerkak ACRWN Karya Sri Setya Rahayu menggunakan segitiga cinta Robert Strenberg.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di bidang sastra. Sumber data primer berasal dari ACRWN karya Sri Setya Rahayu yang diterbitkan oleh PSJB pada tahun 2012. Data primer berupa unsur struktural Robert Stanton terdiri dari fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya, dan tone. simbolisme, dan ironi), serta klasifikasi cinta enam cerkak dalam ACRWN Karya Sri Setya Rahayu menggunakan segitiga cinta Robert Strenberg. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik content analysis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) secara keseluruhan enam cerkak meliputi CSDMKS, CRWN, CFB, CSKM, CKKP dan CKKN dalam ACRWN karya Sri Setya Rahayu menunjukkan kesatuan unsur yang utuh dan saling berkaitan antara satu sama lain, (2) enam cerkak dalam ACRWN karya Sri Setya Rahayu mencerminkan jenis-jenis cinta dengan menggunakan segitiga cinta Robert Strenberg.
Kata kunci : Cerkak Rembulane Wis Ndadari, Cinta, Psikologi Sastra.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DWI WAHYUNI.pdf
COVER-SARIPATHI.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.,
2. Siti Muslifah, S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya