Penulis Utama : Pratiwi Dwi Kusumaningrum
NIM / NIP : C9414043
×

ABSTRAK

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengelolaan dan Pengembangan Wisata Alam Telaga Claket dan Agrowisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja potensi wisata serta bagaimana pengelolaan dan pengembangan wisata alam Telaga Claket dan Agrowisata.
Penulisan laporan ini menggunakan metode teknik pengumpulan data yang berupa observasi di wisata alam Telaga Claket di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, wawancara dengan pengelola wisata alam Telaga Claket dan Agrowisata yaitu Bapak Wagino, wawancara dengan pengunjung yaitu Diyani Try Astuti, Istiqfarin Fajar Ayu Nuryanti, dan Dwi Wahyuni, wawancara dengan pegawai DISLAPERNAK yaitu Bapak Agus Sarwo dalam pemberian bantuan ikan di wisata alam Telaga Claket, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wisata Alam Telaga Claket dan Agrowisata memiliki potensi berupa telaga yang dikelilingi bukit, wisata alam Telaga Claket dan Agrowisata juga menyuguhkan agrowisata berupa budidaya ikan dan ternak kambing hal ini dianalisis dengan 4A (Attraction (Atraksi), Accessibility (Aksesibilitas) , Amenity (Fasilitas) dan Ancilliary (Kelembagaan) yang layak dijadikan sebagai objek wisata andalan di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan pengunjung ketika berkunjung ke wisata alam Telaga Claket adalah berfoto di atas dermaga yang dibangun pengelola dari tepi telaga ke tengah telaga, menaiki bebek air, menaiki gethek, dan menaiki perahu. Selain itu pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas yang dibangun pengelola berupa gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat dan makan, toilet, dan warung makan. Kondisi jalan menuju wisata alam Telaga Claket belum baik meskipun sudah beraspal akan tetapi banyak yang berlubang. Pengelolaan dan pengembangan mulai dilakukan melalui pembenahan infrastruktur, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia. Selain itu kendala yang dihadapi dalam pengelolaan yaitu tidak adanya perhatian dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri, kurangnya kualitas SDM, dan kurangnya masyarakat sadar wisata.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari analisis 4A (Attraction (Atraksi) Accessibility (Aksesibilitas), Amenity (Fasilitas) dan Ancilliary (Kelembagaan) dalam hal potensi, fasilitas serta sarana dan prasarana sudah cukup memadai untuk dijadikan suatu objek wisata andalan. Usaha pengelolaan dan pengembangan oleh pengelola menunjukkan perkembangan jumlah pengunjung yang datang ke wisata alam Telaga Claket dan Agrowisata. Kendala yang dihadapi pengelola mampu memberikan evaluasi untuk mengembangkan pengelolaan wisata alam Telaga Claket dan Agrowisata yang akan datang dan mampu menjadi wisata andalan di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.
Kata Kunci : Pengelolaan, Pengembangan, Potensi Wisata Alam Telaga Claket dan Agrowisata

 

×
Penulis Utama : Pratiwi Dwi Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414043
Tahun : 2017
Judul : Pengelolaan Dan Pengembangan Wisata Alam Telaga Claket Dan Agrowisata Di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata-C9414043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M.Pd.,
2. Insiwi Febriary S, S.S, M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.