Penulis Utama : Sidhiq Hidayatulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113055
Tahun : 2017
Judul : Kajian Stilistika Tembang Macapat Karya Ki Jungkung Darmoyo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Program Studi Sastra Daerah-C0113055-2017
Subyek : STILISTIKA, TEMBANG MACAPAT.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aspek bunyi yang terdapat dalam tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo, (2) mendeskripsikan diksi atau pilihan kata yang terdapat dalam tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo, dan (3) mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah keseluruhan tembang Jawa karya Ki Jungkung Darmoyo. Jenis data dalam penelitian ini berupa data tulis dan wujud data berupa lirik tembang macapat. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sebanyak 32 tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dengan teknik sadap untuk teknik dasar dan teknik catat untuk teknik lanjutan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode padan dengan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) dan metode agih dengan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung). Metode penyajian hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan metode informal.
Hasil analisis data penelitian ini, adalah (1) Aspek bunyi yang ditemukan dalam tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo, yaitu asonansi/purwakanthi guru swara, aliterasi/purwakanthi guru sastra, dan anadiplosis/purwakanthi basa (lumaksita). (2) Diksi atau pilihan kata yang ditemukan dalam lirik tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo, yaitu aspek morfologis yang meliputi; afiksasi (prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks), reduplikasi (dwilingga wutuh, dwilingga salin swara, dwilingga berafiks, dwipurwa), dan komposisi (tembung camboran), serta sinonim, antonim, protesis, têmbung plutan, têmbung garba, têmbung saroja, penggunaan bahasa Jawa krama, penggunaan bahasa Jawa kuna, dan sandiasma. (3) Gaya bahasa yang ditemukan dalam tembang macapat karya Ki Jungkung Darmoyo, yaitu simile, epitet, anastrof, hiperbola, eponim, metonimia, dan inuendo.
Kata kunci: Stilistika, tembang macapat.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SIDHIQ HIDAYATULLAH.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sujono, M.Hum.,
2. Prof. Dr. Sumarlam., M.S.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya