Penulis Utama : Yulis Ikawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815031
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pemasaran Produk Jamu Pada Perusahaan Jamu Bisma Sehat Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian-Program Studi Agribisnis-H1815031-2018
Subyek : PEMASARAN, JAMU BISMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kabupaten Sukoharjo memiliki sektor industri unggulan salah satunya adalah industri jamu tradisional. Kabupaten Sukoharjo dijuluki sebagai kabupaten jamu dimana Sentra Industri Jamu terletak di Desa Nguter. Kondisi tersebut mendorong perkembangan para produsen jamu salah satunya PJ. Bisma Sehat, seiring perkembangannya PJ. Bisma Sehat menghadapi persaingan produsen jamu dan kendala pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman); mengetahui gambaran posisi perusahaan; merumuskan alternatif strategi; dan prioritas strategi untuk pemasaran jamu di PJ. Bisma Sehat Kabupaten Sukoharjo.
Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan. Metode analisis data menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSP.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan skor matriks IFE diketahui kekuatan terbesar ialah variasi produk jamu yang beragam (0.4380) sedangkan kelemahan terbesar yaitu kegiatan promosi yang dilakukan masih sederhana (0.2194). Skor matriks EFE menunjukkan peluang terbesar adalah peluang tenaga kerja yang masih terbuka (0.4671) dan ancaman terbesar ialah perkembangan industri jamu skala nasional (0.2895). Gambaran posisi PJ. Bisma Sehat berdasarkan matriks IE berada pada sel V yaitu menjaga dan mempertahankan. Alternatif strategi pemasaran untuk PJ. Bisma Sehat meliputi : Mengoptimalkan SDM pemasaran untuk memperlancar distribusi produk; Memaksimalkan jalur promosi dengan media sosial; Membangun image produk dengan gencar melakukan promosi terhadap produk unggulan Bisma Sehat; Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Prioritas strategi berdasarkan matriks QSP dengan perolehan skor tertinggi 6.5075 ialah membangun image produk dengan gencar melakukan promosi terhadap produk unggulan Bisma Sehat.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
YULIS IKAWATI.pdf
COVER BR.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si.
2. Nuning Setyowati, S.P.,M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian