Penulis Utama : Amelia Choya Tia Rosalia
NIM / NIP : F0113009
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asuransi pertanian terhadap moral hazard petani. Penelitian dilakukan di Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Sampel penelitian ini adalah 80 orang petani di Desa Macanan, 34 orang adalah petani yang mengikuti asuransi pertanian dan 46 orang petani adalah yang tidak mengikuti asuransi pertanian.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model regresi linear berganda yang diolah menggunakan perangkat lunak Eviews 8.0. Hasil uji F dengan ? = 5% menunjukkan semua variabel yaitu luas lahan, lama bertani, usia, pendapatan, lama belajar dan keikutsertaan petani pada AUTP berpengaruh terhadap biaya produksi pertanian. Hasil uji t dengan ? = 5% menunjukkan bahwa variabel lama bertani dan lama belajar tidak berpengaruh terhdap biaya produksi. Sedangankan variabel luas lahan, usia dan pendapatan berpengaruh positif terhadap biaya produksi pertanian sebagai variabel moral hazard.
Kata kunci: Asuransi pertanian, moral hazard, biaya produksi, manajemen risiko

 

×
Penulis Utama : Amelia Choya Tia Rosalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113009
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Asuransi Pertanian Terhadap Moral Hazard Petani (Studi Kasus Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis-Program Studi Ekonomi -F0113009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.