Penulis Utama : Dea Annisa
NIM / NIP : E0013109
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perlindungan hukum terhadap perempuan penyandang disabilitas sebagai korban kekerasan seksual di Yayasan CIQAL Yogyakarta, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses perlindungan hukum tersebut.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Yayasan CIQAL Yogyakarta. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan studi kepustakaan melalui berbagai literatur meliputi, peraturan perundang-undangan, jurnal penelitian, dan buku-buku, yang terkait dengan masalah tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui metode analisis kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa selama tahun 2014 hingga 2016, CIQAL mencatat ada 76 (tujuh puluh enam) kasus kekerasan terjadi pada perempuan penyandang disabilitas di Wilayah Yogyakarta dan 60 (enam puluh) kasus diantaranya adalah kekerasan seksual. Dari 60 (enam puluh) kasus kekerasan seksual tersebut hanya 3 (tiga) kasus yang diproses secara hukum. Tidak diprosesnya kasus secara hukum, menyebabkan korban tidak mendapatkan keadilan dan haknya sebagai korban, serta berpotensi pelaku kekerasan akan melakukan tindak kekerasan kembali. Hal tersebut membuat CIQAL berupaya memberikan perlindungan hukum terhadap perempuan penyandang disabilitas korban kekerasan seksual untuk memperoleh hak-haknya. Perlindungan hukum yang diberikan CIQAL berupa pendampingan hukum dan pendampingan non hukum. Hambatan yang dialami CIQAL dalam melakukan proses perlindungan hukum tersebut dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal korban meliputi keterbatasan yang dimiliki korban dan keluarga korban, sedangkan faktor eksternal korban meliputi masalah dalam bidang hukum dan masyarakat.

Kata kunci : Perlindungan hukum, perempuan penyandang disabilitas, korban kekerasan seksual, CIQAL

×
Penulis Utama : Dea Annisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013109
Tahun : 2017
Judul : Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan Penyandang Disabilitas sebagai Korban Kekerasan Seksual (Studi di Yayasan Center For Improving Qualified Activities In Live Of People With Disabilities (CIQAL) Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Hukum-E0013109-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Subekti, S.H., M.H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.