Penulis Utama : Annissa Rahmawati
NIM / NIP : H3114007
×

ABSTRAK

Kerupuk merupakan salah satu makanan ringan yang banyak digemari. Kerupuk sangat digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat karena harganya terjangkau dan mudah diperoleh baik di warung-warung kecil, supermarket. Kerupuk terbuat dari bahan utama seperti tepung tapioka, garam, penyedap dan lain sebagainya. Kerupuk dibuat dengan proses penggorengan sehingga terasa renyah dan gurih. Kerupuk ikan sayur dibuat dari bahan tepung tapioka, ikan tenggiri, bayam, wortel, telur, bawang putih, garam dan penyedap. Praktek produksi kerupuk ikan sayur ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan kerupuk  ikan  sayur,  mengetahui  hasil  uji  organoleptik  kerupuk  ikan  sayur meliputi warna, rasa, aroma, kerenyahan dan overall , mengetahui kandungan kimia dari kerupuk ikan sayur meliputi kandungan protein dan serat kasar dari formulasi terbaik, serta mengetahui kelayakan usaha kerupuk ikan sayur dengan analisis ekonomi.
Berdasarkan hasil uji organoleptik didapatkan hasil terbaik yaitu formulasi kerupuk ikan tenggiri dengan formulasi penambahan ikan tenggiri 40 gram. Berdasarkan hasil analisis kimia dengan kerupuk ikan sayur formulasi terpilih didapatkan hasil, kadar protein kerupuk ikan sayur sebesar 7.25% serta serat kasar pada kerupuk ikan bayam sebesar 2.82% dan serat kasar kerupuk wortel 1.54%. Hasil analisis ekonomi didapatkan kapasitas produksi 12500 kemasan/bulan dengan harga pokok produksi Rp. 3637/kemasan, harga jual Rp. 4000/kemasan dan diperoleh laba bersih Rp 4.481.542/bulan, Break Event Point (BEP) 8215 bungkus/bulan, Return of Investmen (ROI) setelah pajak 10%, Pay Out Time (POT) selama 10 bulan, Net B/C sebesar 3.1 sehingga usaha ini dikatakan layak dijalankan karena nilai B/C lebih dari satu.


Kata  kunci:  Kerupuk,  Ikan  Tenggiri,  Bayam,  Wortel,  Kerupuk  Ikan  Sayur, Proses  Produksi  Kerupuk  Ikan  Sayur,  Analisis  Ekonomi,  Analisis  Kelayakan Usaha

 

×
Penulis Utama : Annissa Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3114007
Tahun : 2017
Judul : Laporan Tugas Akhir Proses Produksi Kerupuk Ikan Sayur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Teknologi Hasil Pertanian-H3114007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir Kawiji M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.