Penulis Utama : Kevin Deva Candra Negara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013128
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Puasa Ramadhan dengan Tingkat Keparahan Jerawat pada Mahasiswa Laki-Laki di Fakultas Kedokteran UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Kedokteran-G0013128-2016
Subyek : PUASA, JERAWAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang : Jerawat merupakan masalah kulit tersering ditemui oleh tenaga medis pada remaja. Jerawat dapat  muncul pada setiap umur, dari bayi sampai dewasa, tetapi puncak insidensinya pada umur 14-17 tahun pada wanita dan  16-19  tahun  pada  laki-laki.  Prevalensi  penderita  jerawat  di  Indonesia mencapai 60% pada tahun 2006 dan 80% pada tahun 2007. Puasa dapat mengurangi IGF-1 dan IL-6   yang merupakan salah satu factor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh puasa ramadhan dengan tingkat keparahan jerawat pada mahasiswa laki- laki.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pre and post test group design.Responden dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang   berpuasa   (perlakuan)   dan   kelompok   yang   tidak   berpuasa   (kontrol). Penelitian dilakukan dari Juni-Juli 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas  Maret.  Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  purposive  sampling dengan jumlah total 32 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok.Uji statistik menggunakan  uji  Wilcoxon  signed-rank  dan  Mann  Whitney  melalui  program SPSS 22 for Windows.
Hasil Penelitian :   Perbandingan   jumlah   kalori   yang   dikonsumsi   oleh kelompok kontrol dan pelakuan yang dianalisis dengan uji t- independent menunjukkan hasil 0,00003. Uji Mann Whitney untuk membandingan jumlah jerawat pretes dan postes pada kelompok kontrol dan perlakuan menunjukkan nilai p 0,265 saat pretes dan 0,880 saat postes. Hasil analisis jumlah jerawat pretes dan postes pada kelompok perlakuan yang  menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks didapatkan hasil 0,036.
Simpulan Penelitian :  Terdapat  pengaruh  yang  signifikan  (p=0,036)    antara puasa Ramadhan dengan tingkat keparahan jerawat pada Mahasiswa laki-laki usia 16-19 tahun di Fakultas Kedokteran  Universitas Sebelas Maret.


Kata Kunci : Puasa, Jerawat

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amelya Augusthina dr., M. Gizi.,
2. Briandani Subariyanti dr.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran