Penulis Utama : Kevin Deva Candra Negara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013128
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Puasa Ramadhan dengan Tingkat Keparahan Jerawat pada Mahasiswa Laki-Laki di Fakultas Kedokteran UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Kedokteran-G0013128-2016
Subyek : PUASA, JERAWAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang : Jerawat merupakan masalah kulit tersering ditemui oleh tenaga medis pada remaja. Jerawat dapat  muncul pada setiap umur, dari bayi sampai dewasa, tetapi puncak insidensinya pada umur 14-17 tahun pada wanita dan  16-19  tahun  pada  laki-laki.  Prevalensi  penderita  jerawat  di  Indonesia mencapai 60% pada tahun 2006 dan 80% pada tahun 2007. Puasa dapat mengurangi IGF-1 dan IL-6   yang merupakan salah satu factor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh puasa ramadhan dengan tingkat keparahan jerawat pada mahasiswa laki- laki.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pre and post test group design.Responden dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang   berpuasa   (perlakuan)   dan   kelompok   yang   tidak   berpuasa   (kontrol). Penelitian dilakukan dari Juni-Juli 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas  Maret.  Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  purposive  sampling dengan jumlah total 32 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok.Uji statistik menggunakan  uji  Wilcoxon  signed-rank  dan  Mann  Whitney  melalui  program SPSS 22 for Windows.
Hasil Penelitian :   Perbandingan   jumlah   kalori   yang   dikonsumsi   oleh kelompok kontrol dan pelakuan yang dianalisis dengan uji t- independent menunjukkan hasil 0,00003. Uji Mann Whitney untuk membandingan jumlah jerawat pretes dan postes pada kelompok kontrol dan perlakuan menunjukkan nilai p 0,265 saat pretes dan 0,880 saat postes. Hasil analisis jumlah jerawat pretes dan postes pada kelompok perlakuan yang  menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks didapatkan hasil 0,036.
Simpulan Penelitian :  Terdapat  pengaruh  yang  signifikan  (p=0,036)    antara puasa Ramadhan dengan tingkat keparahan jerawat pada Mahasiswa laki-laki usia 16-19 tahun di Fakultas Kedokteran  Universitas Sebelas Maret.


Kata Kunci : Puasa, Jerawat

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amelya Augusthina dr., M. Gizi.,
2. Briandani Subariyanti dr.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran