Penulis Utama : Aris Sutanto
NIM / NIP : K7514010
×

Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  mengetahui  peningkatan  keaktifan siswa kelas X Manajemen Perkantoran pada mata pelajaran kearsipan di SMK Kristen 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Manajemen Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah
30 siswa. Sumber data berasal dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis  kritis.  Prosedur  penelitian  meliputi  perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran tipe Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan siswa. Total peningkatan keaktifan siswa yang meliputi 7 indikator Visual Activities, Listening Activities, Writing Activities, Motor Activities, Mental Activities, Emotional Activities, dan Oral Activities sebesar 71,87 % dengan rincian pada pratindakan 27,7 % meningkat menjadi 51,84 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80,30 % pada siklus II.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have meningkatkan keaktifan  siswa kelas X Manajemen Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta.

 

 

×
Penulis Utama : Aris Sutanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514010
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X Manajemen Perkantoran Pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7514010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre N. Rahmanto, S. Sos. M. Si
2. Susantiningrum. S. Pd., SE., M. AB
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.