Penulis Utama : Ahmad Mushlih
NIM / NIP : S811202004
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai proses pendidikan budaya dan karakter bangsa menggunakan sistem poin di Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Tengaran. Objek penelitian tesis ini adalah Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Tengaran yang merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan sistem poin untuk mendukung pembentukan karakter. 
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan alasan bahwa penelitian ini bersifat deskriptif yang memusatkan perhatian terhadap gejala menurut apa adanya tentang proses pendidikan budaya dan karakter bangsa menggunakan sistem poin di Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Tengaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Setelah melakukan penelitian, ditemukan data di lapangan sebagai berikut; Pertama, nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MTs Al Irsyad Tengaran sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa dengan penekanan pada nilai religius dan akhlakul karimah. Kedua, kegiatan belajar mengajar di MTs Al Irsyad Tengaran tidak sebatas kegiatan kelas saja, namun mencakup kegiatan di luar kelas yang dipadukan dengan rutinitas harian di asrama. Ketiga, pengintegrasian nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa di MTs Al Irsyad Tengaran dilakukan pada mata pelajaran, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan pengembangan budaya sekolah. Integrasi pada mata pelajaran menggunakan metode pelajaran tersendiri dan mengimplisitkan nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran. Keempat, pelaksanaan sistem poin di MTs Al Irsyad Tengaran dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kelima, manfaat penerapan sistem poin di MTs Al Irsyad Tengaran antara lain mempermudah penanganan pelanggaran tata tertib, sebagai tindakan preventif terjadinya pelanggaran tata tertib, tersedia data yang valid untuk pelanggaran tata tertib sehingga penilaian karakter (sikap) menjadi terukur dan obyektif.

Kata Kunci: Pendidikan, budaya, karakter, MTs Al Irsyad Tengaran, sistem poin

×
Penulis Utama : Ahmad Mushlih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811202004
Tahun : 2016
Judul : Proses Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dengan Menggunakan Sistem Poin di Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Tengaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Teknologi Pendidikan-S811202004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.